20 Wartawan Ikuti UKW Mandiri Perdana di Tubaba Program Solopos Institute

Tubaba,Telisiknews.id – Sebanyak 20 jurnalis yang mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) Solopos Institute selama dua hari di Asri Home Stay Tirta Kencana Tulang Bawang Tengah, Tubaba, sekama dua hari, Senin-Selasa (4-5/7/2022).

Ke-20 jurnalis mengikuti UKW dengan menyelesaikan 11 mata uji meliputi wawasan jurnalisme, kode etik, teknik menulis dan menyunting berita, rapat dan kebijakan redaksi, serta membangun jejaring.
UKW diikuti 20 media dari dua Kabupaten di Lampung yakni Tubaba dan Mesuji.
Senin 4 juli 2022.

Bacaan Lainnya

Diantaranya Media dan wartawan yang mengikuti UKW adalah.
1. Reki Sanjaya (Ragamnews.co.id)
2. Sahadi (www.ampera-news.com)
3. Sayuti (monitorekspres.com)
4. Fathul Maghoribi Efendi ( Lampungtelevisi.com)
5. Hadiansyah (Medianasional.id)
6.Ferki diansyah (Trienews.id )
7.Gusar Prasta Yoga (Korel.co.id)
8. marwansyah (SKH Zona Lampung.
9.Oktavianus Ahmad (Indonesia.net)
10.Sahmmen(Lensapandawa.com)
11.Eka Putra Jaya (sinarbangsanews.com)
12. Herman Talo (beritaantara2.id)
13.Budiman (Newskabarindonesia.com)
14. Mukaddam (Tampabatas.com)
15.Ari Juliadi (https://1.samudrapenaintermedia.com)
16.Aris Rinaldi(Fakta7.com)
17. Firdan (SKH Harian detik)
18. Yoga Pratama (Lampungvisual.com)
19..Salman (Jarilampung.com)
20. Tamrin (haluanlampung.com)

Salah satu penguji UKW dari Solopos yang bernama Abu dalam sambutannya mengatakan,pihaknya akan gencar melakukan UKW di masa mendatang dengan wilayah jangkauan di seluruh wilayah di Indonesia.

“Dewan Pers juga meminta kami untuk mengadakan UKW-UKW lagi untuk memastikan wartawan yang di lapangan masuk standar kompetensi. Jadi setelah ini akan ada banyak UKW,” ujar.

Lanjut Pak Abu,” UKW penting untuk memastikan bahwa marwah jurnalisme terjaga. Karena,maraknya saat ini berita tentang kejadian Hoax,sehingga menimbulkan ada anggapan di masyarakat bahwa wartawan bisa dibayar.
Oleh karena itu saat UKW teman-teman jurnalis menandatangani pakta integritas sebagai komitmen untuk menjalankan fungsi jurnalis seperti yang diamanahkan undang-undang,” ujarnya.

Mirhan ketua KWRI saat membuka kegiatan UKW mengatakan,” Kegiatan kita hari ini adalah,tak lain dan tak bukan berkat kerjasama yang baik dengan pemerintah setempat.
Tujuan kita menggelar UKW ini adalah, supaya bisa menjadikan wartawan-wartawan di Tubaba menjadi profesional dalam menjalankan tugasnya,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Untung Budiyono sebagai stab ahli Bupati membacakan sambutan Pj. Bupati Tubaba sekaligus membuka acara UKW mandiri mengatakan,” Selamat berjuang kawan-kawan media Tubaba, Semoga lulus semua dan menjadi Wartawan berkompeten, semoga kedepan jadi wartawan yang profesional dan bermartabat,skalau menyajikan berita-berita yang berimbang dan akurat,” Terangnya.

Tampak hadir,dalam oembukaan UKW mandiri Solopos di Tubaba, Staf ahli Bupati,Bupati Untung Budiyono, kadis kominfo Eri Budisantoso,perwakilan Polres Tubaba dan perwakilan Danramil. (Reza)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.