Alat Produksi Kopi Tugu Liwa Secara Keseluruhan Telah Modren

Lampung Barat,telisiknews.id – Proses produksi Kopi Tugu Liwa varian produk dan harga Kelompok Wanita Tani (KWT) di Pekon Padang Cahya, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat (Lambar), Rabu (16/3/22).

Asal mula Kopi Tugu Liwa berdiri sejak tahun 2008, dengan anggota berjumlah 10 orang di mana cara pengelolaan masih secara tradisional, seperti menggunakan wajan berisi pasir untuk menyangrai kopi

Bacaan Lainnya

Sekarang semua alat produksi Kopi Tugu Liwa sudah modern, dari mesin giling hingga percetakan bungkus kopi untuk siap dipasarkan.

Nurma selaku ketua KWT kopi Tugu Liwa menyampaikan, ada beberapa hasil produksi kopi petik merah, kopi premium Tugu Liwa, kopi spesial Tugu Liwa, ada juga produksi seperti gula semut aren, madu hitam, biji kopi sangrai, gula jahe.

Adapun prestasi yang telah diraih KWT kopi Tugu Liwa seperti, tahun 2019 mendapat penghargaan apresiasi wanita petani kopi di festival kopi Lampung, di tahun 2021 juga mendapat penghargaan dari kementerian pertanian yang diserahkan di Sumatera Utara.

“Dimasa pandemi covid-19 Alhamdulillah produksi kopi Tugu Liwa tidak menurun drastis produksi masih mencapai 1 ton penjualan perbulannya,” ucapnya.

“Kami mengharapkan agar kedepan semakin banyak pecinta kopi yang meminati produksi Kopi Tugu Liwa dan meningkatkan produksi kopi robusta Tugu Liwa, semoga kopi Tugu Liwa dapat diekspor ke luar negeri,”ungkapnya. (Reko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.