Bantu PMI SIBAT Akan Dibentuk di Setiap Pekon

Lampung Barat,Telisiknews.id – Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), yang nantinya akan terbentuk setiap pekonnya sebanyak 10 relawan  akan dimaksudkan untuk membantu Pengurus Cabang Palang Merah Indonesia (PMI ) dalam membina, memobilisasi masyarakat, mengarahkan kegiatan, monitoring dan supervisi serta evaluasi kegiatan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat ( KBBM ) yang telah dilaksanakan.

“Sibat selaras dalam mendukung komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dengan komitmen nya yaitu sebagai Kabupaten Tangguh Bencana juga kabupaten Literasi dan konservasi,” demikan dijelaskan Edi Novial S Kom Ketua PMI Lampung Barat Sabtu 2 Juli 2022 di Pekon Bakhu Kecamatan Batu Ketulis dalam acara Rapat Koordinasi dengan para Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Batu Ketulis , Batu Brak dan Belalau.

Bacaan Lainnya

Selain terkait pembentukan Sibat, pada rapat tersebut juga dibahas rencana pembentukan relawan golongan darah . Relawan Sibat ini bersama sama pihak Kecamatan dan pekon akan menyusun Data base golongan darah di masing masing wilayah pekon masing masing .

” Bagi PMI Lampung Barat adanya data base yang berisikan informasi golongan darah penduduk yang tersedia dengan akurat by name by address  ini sangat penting bagi rumah sakit apabila memerlukan golongan darah bagi pasiennya,” demikian ucap Edi Novial.

Dihari yang sama pada tempat yang berbeda yaitu di Sekolah Kopi Kecamatan Sumber Jaya Lampung Barat Ketua PMI Edi Novial berharap, para pengurus Sibat yang akan menjadi Relawan di sebanyak 131 Pekon dan 5 Kelurahan adalah orang orang muda yang berjiwa sosial kemanusiaan dan aktif . ” Saya berharap yang akan menjadi relawan Sibat di pekon masing masing akan mereka yang aktif dan tidak asal comot saja ,” demikan tegas Edi Novial .

Hadir pada acara konsolidasi tersebut Camat  Belalau Akmal Hakim , Camat Way Tenong Bambang Hermanto , Camat Pagar Dewa M Jones
Sekcam Sekincau dan Kasi Trantib Kecamatan Batu Ketulis.(Reko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.