Bermodalkan Hak Preogratif, Banyak Peratin Pecat Aparat

Lampung Barat, Telisiknews.id – Soal pecat memecat perangkat pekon (desa/red) di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bak sebuah fenomena baru di Kabupaten Bumi Beguai Jejama tersebut.

Entah apa yang ada di benak para peratin (Kepala Desa/red), baik yang baru menjabat maupun yang telah lama menjabat sebagai orang nomor satu di pekon – pekon itu.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut salah seorang Tokoh masyarakat yang enggan dipublikasikan namanya, mengatakan kendati ada hak Preogratif dan Perda namun, harus sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri (Pemendagri) dan juga Undang – Undang (UU) Desa.

Sebab kata dia, dalam Pemendagri Apataur Pemerintahan Desa/Pekon, tidak memiliki waktu masa jabatan, kecuali usia telah mencapai 60 tahun, melakukan tindak pidana kriminal, narkoba, sakit atau meninggal.

“Jadi meskipun peratin ada hak Preogratif dalam memecat atau memberhentikan perangkat harus sesuai prosedur,” paparnya.

Dia juga menambahkan, dalam melaksanakan kegiatan pemberhentian peratin juga harus melakukan berbagai proses seperti, malakukan SP 1 sampai III, melakukan koordinasi dengan pihak Lambaga Himpunan Pekon (LHP) setempat serta berkoordinasi dengan pihak kecamatan, agar dirwkomendasi dan sah secara admistrasi.

“Jangan main berhenti aja, karena alasan saingan dalam kepentingan politik atau karena ingin memasukan keluarganya dalam aparat pekon, Trus main berenti aja,” tandasnya.

Tokoh itu berharap, pihak terkait dalam hal ini Inspektorat Lambar dan juga Perangkat Daerah yang berkewenangan mengawasi kegiatan desa, untuk tidak tinggal diam.

“Pihak – pihak terkait harus tegas,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.