Budaya Sekura Bakal Disuguhkan saat Open Ceremony Porprov Lampung IX

Lampung Barat, Telisiknews.id – Tradisi Sekura (Pesta topeng) asal Lampung Barat bakal menjadi bagian yang disuguhkan saat open ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin, 5 Desember 2022 mendatang.

Tradisi sekura itu bakal dipakai para kontingen utusan Bumi Beguai Jejama tesebut di ajang pesta olah raga di ranah Sai Bumi Rua Jurai tersebut.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) KONI Lampung Barat, Parosil Mabsus, disadur dari keterangan yang diterima hari ini, Rabu, 30 November 2022.

Menurut pria yang juga bupati Lampung Barat itu, sekura yang bakal ditampilkan, yakni sekura betik atau helau (Bersih, Red).

Dikatakan Parosil, tampilnya sekura di ajang poprov tersebut bagian dari promosi budaya Lampung, khususnya Lampung Barat.

Setidaknya, tercatat 182 orang bakal bakal dilepas dikukuhkan dan dilepas di lobby kantor bupati, besok, Kamis, 1 Desember 2022.

Utusan Lampung Barat merupakan atlet-atlet terbaik dan duta dalam mempromosikan adat budaya Lampung Barat, sekura.

Soal cabang olah raga (Cabor) yang diikuti, Parosil menyebut setidaknya 19 cabor.

Terkait target, pria yang karib disapa Pak Cik menargetkan Lampung Barat masuk tiga besar dari 15 kabupaten kota di Lampung.

“Persiapan sudah matang, seluruh Pengkab sudah melakukan pemusatan latihan, selain meraih prestasi terbaik dengan target masuk tiga besar, kami juga pada defile pada malam pembukaan yang akan di gelar di Stadion Pahoman Bandar Lampung, Senin (5/12) mendatang akan menampilkan seni budaya sekura,” tegasnya.

Terkait utusan, Pak Cik mengatakan atlet asli Lampung Barat.

Pada Porprov Lampung IX Tahun 2022 yang akan dihelat 4-13 Desember, kata Parosil, semua cabor punya target medali emas, dan apabila dilihat dari hasil beberapa ajang olahraga setahun terakhir atlet Lampung Barat banyak menghasilkan prestasi terbaik.

“Atlet Karate sudah meraih prestasi tingkat nasional bahkan Asean, atlet Pencak Silat selalu mendominasi di Lampung, bulutangkis selalu mendapat gelar juara, gulat tetap ditarget juara umum Porprov, demikian juga dengan cabor lain, seperti tenis meja, renang, panahan, e_sport, panjat tebing, taekwondo, kempo, tarung derajat, sambo, catur, termasuk cabor beregu, seperti bola voli, basket dan futsal,” tandas Pakcik. (Reko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *