Bupati Lambar Buka Lomba Qasidah di GOR Aji Saka

Lampung Barat,Telisiknews.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus membuka secara langsung lomba qasidah tingkat kabupaten yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat, melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI), Rabu (7/9/2022).

Lomba qasidah tingkat Kabupaten ini berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

Lomba qasidah ini pun diikuti oleh 27 grup, berasal dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Dari 27 grup ini, terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok remaja dan kelompok dewasa.

Untuk masing-masing grup, terdiri dari 11 hingga 13 orang personel.

Lomba qasidah ini merupakan agenda rutin tahunan, yang diselenggarakan Kemenag Lampung Barat dengan menyediakan hadiah bagi juaranya.

Untuk grup juara pertama akan dihadiahi trofi dan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah. Juara dua, trofi dan uang pembinaan 3 juta rupiah. Juara tiga, trofi dan uang pembinaan 2 juta rupiah. Sementara untuk juara keempat pun tetap akan diberi hadiah, berupa uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, melalui sambutannya menyatakan, lomba qasidah yang digelar tersebut begitu menarik perhatiannya.

Sebab, sejak merebaknya wabah pandemi covid-19 selama dua tahun, tepatnya di tahun 2020 hingga 2021 kegiatan tersebut terpaksa dihentikan, dan baru dapat dilaksanakan kembali di tahun 2022 ini.

“Tahun 2019 itu merupakan terakhir melaksanakan lomba qasidah seperti ini,” ujar Parosil.

“Setelah usai pandemi, baru tahun 2022 ini kita laksanakan lagi,” sambungnya.

Parosil mengajak seluruh peserta qasidah untuk mengucap syukur, karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali, dan hal itu merupakan satu bentuk ekspresi dalam mensyiarkan dakwah agama.

“Harapan Pak Bupati kepada peserta, karena kegiatan ini baru kita mulai kembali, mari kita niatkan yang paling utama adalah untuk bersyukur,” ucap Parosil.

“Ini adalah cara kita berekspresi dalam mensyiarkan dakwah Islam,” imbuhnya.

Parosil juga menyatakan, kegiatan itu merupakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat yang tepat jatuh pada 24 September 2022 nanti.

Menjelang akhir masa jabatan bersama wakilnya Drs. Mad Hasnurin, Parosil mengatakan dalam rangka peresmian Gedung Budaya Pancasila yang berlokasi di komplek perkantoran Pemda Lampung Barat pada akhir November mendatang, dirinya akan menyelenggarakan beberapa lomba untuk melestarikan kebudayaan di Lampung Barat, seperti halnya lomba nyambai, orkes gambus, lomba qasidah dan lomba-lomba kebudayaan lainnya. (Reko/rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.