Bupati Lambar Melakukan Pemanenan Buah Tomat Bersama di Way Tenong

Lampung Barat,Telisiknewa.id – Bupati Lampung Barat (Lambar) mengikuti pemanenan buah tomat di Pekon Tambak Jaya Pemangku Subehan Ulu, Kecamatan Way Tenong Jum’at, (18/03/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hendry Muhammad Faisal, Kasat POl PP Haiza Rinsa serta Pratin setempat.

Bacaan Lainnya

Pakcik sapaan akrab Bupati Lambar yang berjulukan Bumi Beguai Jejama Sai Betik itu, mengatakan bahwa Kabupaten Lambar memiliki 15 kecamatan dan terdapat lima kecamatan yang masyarakatnya bernotabene sebagai petani sayuran.

Lima kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Way Tenong, Sekincau, Balik Bukit, Sukau dan Lombok Seminung.

Parosil menuturkan, jika selama ini masih terdapat kendala terhadap tata cara pengelolaan pertanian dari para petani itu sendiri, dan adanya keterbatasan mengenai pelaratan sehingga dilakukan secara manual.

Seperti halnya mencangkul, masyarakat masih dilakukan secara manual menggunakan cangkul.

“Lampung Barat ini kalau soal kesuburan tanahnya masih terjamin, maka dengan kehadiran Pak Ketua DPR RI Komisi IV, besar harapan saya agar petani di Lambar ini mendapatkan perhatian dan pembelajaran di bidang pertanian sayuran untuk kedepannya,” kata dia

Secara terpisah Suparman, salah satu masyarakat dari Pekon Tambak Jaya, ia mengucapkan terima kasih terhadap Parosil Mabsus selaku Bupati Lambar, lantaran beberapa bulan lalu Parosil sudah memberikan bantuan berupa pupuk organik, bibit cengkeh dan hewan berupa kambing sejumlah dua puluh lima ekor untuk masyarakat di kecamatan setempat.

“Dan Alhamdulillah, kambing yang betinanya sekarang sudah hamil pak bupati,” ucapnya.

Suparman menyampaikan beberpa harapan dari masyarakat tambak jaya terhadap Sudin, selaku Ketua DPR RI Komisi IV agar kedepannya dapat dibantu mengenai peralatan di bidang pertanian seperti halnya hand tractor, lanjutan pembangunan jalan Pekon Subehan ulu dan Subehan Ilir yang berjumlah 5 KM dan jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Menanggapi permohonan dari masyarakat Pekon Tambak jaya, Parosil yang terkenal sebagai bupati kopi tersebut mengatakan, jika mengenai jaringan listrik akan segera dikordinasikan terhadap pihak terkait agar kedepannya segera dipasang jaringan listrik di pekon setempat.

“Nanti kita panggil kepala PLN-nya agar dikordinasikan, tetapi mungkin belum kalau untuk di Tahun 2022 ini,” jelas Parosil.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE., yang juga Ketua DPD Partai PDIP Provinsi Lampung itu menyatakan, mengenai bantuan alat pertanian berupa hand tractor yang diharapkan masyarakat Kecamatan Way Tenong dapat direalisasikan bulan Mei mendatang.

“Mudah-mudahan kalau untuk bantuan hand tractor di bulan Mei mendatang sudah ada, dan mengenai jalan dan jaringan listrik itu dapat diajukan terhadap pemkab Lampung Barat. Saya rasa kalo masalah infrastruktur jalan dan jaringan listrik itu diajukan terhadap Pemkab urusannya selesai.
agar kedepan di Kabupaten Lampung Barat dapat melakukan penghijauan dengan tanaman pohon buah-buahan seperti halnya buah Kelengkeng ataupun Alpukat jenis Ratu Puan,” ungkapnya.

“Alpukat Ratu Puan ini beda dari Alpukat yang terdapat di Lampung Barat, jambu Alpukat Ratu Puan ini buahnya besar-besar dan panjang,” pungkasnya. (Reko/ Rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.