Cegah Penyalahgunaan Senpi, Polres Tubaba Tes Psikologi

Tulang Bawang Barat, Telisiknews.id – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh anggota, Polres Tulang Bawang Barat melakukan tes psikologi terhadap puluhan personelnya, Rabu (19/10/22).

Tes psikologi yang dilakukan tim Biro SDM Polda Lampung itu, diperuntukan bagi personel Polres Tulang Bawang Barat yang memegang senpi.

Bacaan Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P. Silalahi, S.I.K, M.M yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol Allen Widyawati Wijono, S.Psi mengatakan, tes dilakukan tim psikolog Polda Lampung sebagai salah satu tolok ukur kelayakan seorang aparat memegang perlengkapan dinas berupa senpi. Setiap anggota kepolisian yang akan dan telah memegang senjata api harus melalui proses pengecekan psikologi.

“Tes psikologi ini memang wajib bagi setiap anggota kepolisian yang telah memegang senpi. Jangan sampai, senpi ini malah disalahgunakan. Kalau memang tidak layak (memegang senpi setelah pengecekan), maka tidak dianjurkan karena bahaya,” katanya.

Dia mengungkapkan, tidak hanya personel Polres yang dilakukan pengecekan. Namun juga personel polsek di wilayah hukum Polres Tulang Bawang Barat.

Selain pengecekan psikologi, lanjut dia, nanti akan dilakukan tes kelayakan untuk menilai layak atau tidaknya personel bersangkutan memegang senpi.

“Ada juga personel kita dari polsek. Jadi semua personel wajib melalui tes sebelum memegang senpi. Jadi, tidak sembarangan yang bisa memegang senpi ini. Harus ada syarat dan melalui tes juga,” jelas dia.

Dia menegaskan, bahwa penggunaan senpi di lingkungan Polres Tulang Bawang Barat harus sesuai prosedur dan senpi yang dipegang itu masih layak. Hindari senpi yang tanpa dokumen, apalagi sampai izinnya habis.

“Setiap anggota pemegang senpi wajib mengikuti tahapan tes psikologi, tes kesehatan kejiwaan serta tes lainnya. Ini untuk antisipasi jangan sampai senpi jatuh ke tangan yang salah. Setiap anggota pemegang senpi harus lulus ujian,” tegas dia.

Dia berharap, dengan pemeriksaan mulai administratif hingga tes psikologi ini dapat memberikan pemahaman terkait penggunaan senjata api di lingkungan Polres Tulang Bawang Barat. (Hms).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *