Desa Susun Tengah Adakan Musyawarah, Ini Hasilnya

Bengkulu Selatan, Telisiknews.id – PT Musyawarah Desa yang diadakan di Balai Desa Dusun Tengah, Kecamatan Seginim pada hari Kamis (15/12/2022) dihadiri oleh: BPD, (Camat, dan Kapolsek Seginim ) Kepala Desa, Perangkat Desa, Pendamping Desa, TP. PKK, LKMD, KPMD, Guru PAUD, dan Masyarakat.

Adapun kegiatan secara garis besar, meliputi paparan dari Tim Penyusun yang sudah dilakukan koreksi/perubahan saat Musrenbangdes lalu.

Bacaan Lainnya

BPD yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa menyelenggarakan Musyawarah Desa dengan aganda antara lain : Pembacaan/Pelaporan Hasil Rancangan RKP Desa dilanjutkan Pembahasan dan Penetapan RKP Desa dan dituangkan dalam matrik rencana Program dan Kegiatan Tahunan.

Bidang pemerintahan yaitu untuk pemenuhan kebutuhan dasar/rutin seperti Penyelenggaraan Belanja Siltap Kades, Perangkat Desa, Operasional Pemdes, Tunjangan BPD, Penyediaan Insentif kader dan ,serta kegiatan rapat-rapat dan penyusunan Laporan-laporan. Bidang Pembangunan desa meliputi Pendidikan, kesehatan, padat karya tunai, infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan secara garis besar meliputi Dukungan Pelaksanaan Upacara Keagamaan, Kegiatan Lomba-Lomba, Pembinaan PKK dan lembaga lainnya. Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi Penguatan ketahanan pangan Desa, serta Peningkatan Kapasitas Kades, Perangkat Desa dan BPD, Pelatihan dan Penguatan Penyandang Difabel serta Dukungan Penanaman Modal BUMDES. Selain itu untuk Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak masih kita anggaran untuk BLT DD.

Seluruh kegiatan tertuang dalam matriks RKP Desa Tahun 2023.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan Penandatangan Berita Acara Penetapan RKP Desa yang diwakili oleh Kepala Desa, Ketua BPD serta Perwakilan Peserta Musdes, yang oleh Kepala Desa diserahkan kepada Ketua BPD untuk dibahas lebih lanjut di Musyawarah BPD dalam Penetapan Peraturan Desa tentang RKP Desa Tahun Anggaran 2023, dan Pemilihan Delegasi Desa sebanyak 6 orang yang akan mengawal Daftar Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang diusulkan ke Musrenbangcam Tahun 2023.
(Adi aboy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *