Dialog Interaktif Poldasu : Dit Samapta Melalui Polisi Berseragam Unit Turjawali Agar Terciptanya Pelayanan Kamtibmas yang Prima

Medan, Telisiknews.id – Dialog Interaktif Halo Polisi Polda Sumatera Utara ” Lintas Medan Sore” kembali digelar, yang kegiatannya dilaksanakan oleh Bidang Humas dan pelaksanaannya dilakukan oleh Subbid Penmas dengan bekerjasama dengan RRI Medan di Pro 1 channel 94,3 FM, Jalan Gatot Subroto 214 Medan, Rabu (07/12/2022), pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Sebagai narasumber dari Dit Samapta Kasubdit Gasum
Kompol Adam Malik Lubis, SH. dengan topik “Turjawali Direktorat Samapta Polda Sumut,” dan narasumber didampingi oleh Paur Mitra Subbid Penmas Bid Humas Poldasu Penata TK.I Jamaluddin S Sos dan Baur Penmas Bid Humas Poldasu
Aiptu Widodo, dan host dari RRI Medan Z. Zidane.

Bacaan Lainnya

Guna memberikan gambaran tugas Samapta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memahami tugas pokok Samapta yaitu Tujawali, guna terwujudnya Polisi berseragam yang mampu memelihara Kamtibmas dan selalu berada ditengah-tengah masyarakat demi terciptanya pelayanan Kamtibmas yang prima.
Turjawali adalah singkatan dari Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli. Turjawali ini merupakan sebuah unit yang merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah kasat lantas yang bertugas melaksanakan kegiatan Tujawali dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas dalam rangka penegakan hukum.
Unit Turjawali dipimpin oleh kepala unit (Kanit) yang bertanggung jawab kepada Kasat Lantas dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Kaur Binopsnal, ucap narasumber memulai acara Dialog Interaktif setelah menampung pertanyaan dari host maupun pemirsa.

“Kanit Turjawali bertugas melaksanakan kegiatan Turjawali dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas dalam rangka penegakan hukum,” jelas Kompol Adam.

Dalam melaksanakan kegiatan Turjawali dan Gakkum Lantas, Kanit Tujawali membuat penetapan bit / route patroli secara periodik, jadwal dan lokasi ploting bberdasarkan kerawanan lokasi, pengecekan route, benda (orang) yang dikawal serta kesiapan petugas pengawal berikut kendaraannya, memberikan pelayanan pada pengguna jalan yang memerlukan bantuan, melakukan inovasi-inovasi guna peningkatan pelayanan, penanganan pertama kecelakaan lalu lintas di TKP, penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas baik secara edukatif maupun yuridis dengan menggunakan berita acara (Tilang), mengawasi mengarahkan, menganalisa, mengevaluasi setiap kegiatan Turjawali, memberikan masukan saran terkait kegiatan Turjawali kepada Kasat Lantas, ujar narasumber.

“Jadi, tujuan patroli, menghadirkan Polisi ditengah-tengah masyarakat agar meniadakan kemungkinan adanya niat dan kesempatan dalam rangka mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam antisipasi Guantibmas serta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran Lalu Lintas dan memberikan kemudahan akses pelaporan masyarakat,”;jelas narasumber.

Kegiatan Dialog Interaktif berjalan dengan lancar, aman dan tertib, serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan.(ezl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *