DPUPR Lambar Monitoring Sanitasi Program DAK Reguler Sanitasi Tahun 2022

Lampung Barat, Telisiknews.id – 13 Titik dan kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang mendapat Program DAK Reguler Bidang Sanitasi untuk Kabupaten Lambar tahun 2022 ini yaitu,pembangunan IPAL, pembangunan tangki septic tank komunal dan pembangunan septic tank individual.

Pada tahap ini, Dinas PUPR bersama kejaksaan negeri liwa memonitoring pekerjaan (Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pembangunan tangki septik tank komunal dan individual yang dikerjaan oleh KSM Pekon Pagar Dewa Kecamatan Sukau, 03 November 2022.

Bacaan Lainnya

Turut hadir Kadis PUPR Ansari, Kasi PLP Agus Rianto Bersama rekan Imelda serta Tim Kejaksaan Negeri Liwa Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Yayan Indriana bersama staf.

Agus Rianto mendampingi kepala dinas menyampaikan, bahwa di pekon tersebut saat ini melaksakan kegiatan Pembangunan Sarana MCK yang dikombinasikan dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), baik skala komunal maupun individual.

” Adapun tujuan kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan dilaksanakan secara taat asas, taat hukum, dan taat aturan.” Terangnya.

Ia pun menambahkan, Metode pekerjaan bersifat swakelola berbasis masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dapat di berdayakan dalam hal pekerjaan.

“Pelaksana kegiatan adalah kelompok swadaya masyarakat (KSM) melalui kontrak dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Lampung Barat. Sejalan dengan bentuk swakelola tersebut, maka proses pengadaan barang/jasa dalam pelaksanaan kegiatan juga menjadi wewenang KSM” Tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan telah menunjukkan sejumlah indikator positif, yang menyentuh langsung ke kalangan masyarakat yang membutuhkan.

“Tidak hanya pembangunan fisik yang bersumber dari DAK, dalam pelaksanaan kegiatan ini juga muncul berbagai inisiatif swadaya oleh masyarakat penerima manfaat. Di antara inisiatif tersebut adalah dalam bentuk pengadaan kloset secara mandiri,” pungkasnya. (Budi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *