Heboh..! Harimau Terkam Ternak Warga di Padang Cahya Lambar

Lampung Barat, Telisiknews.id  – Warga Pekon (desa/red) Padangcahya Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dibuat heboh terkait adanya ternak yang diduga dimangsa harimau, Selasa (1/10/2022).

Menurut Pemangku (kepala dusun/red) Wayhandak Pekon Padangcahya, Ira Puspita Dewi, seekor ternak kambing milik Jamidi warganya   diduga dimangsa binatang buas jenis kucing besar bernama latin  (Panthera tigris) tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, malam itu Jamidi dan keluarga memang bermalam di kebunnya yang berlokasi di daerah Cecahan Ujung, yang masih masuk wilayah Pemangku Wayhandak.

Di kebun itu warga tersebut berternak kambing. Sekitar pukul 20.00 WIB, Jamidi mendengar ada suara gaduh di kandang kambingnya.

Lalu Jamidi pun lantas melihat ke sumber suara. Ia melihat seekor kambing tengah diseret binatang buas, diduga Harimau.

“Waktu itu pas ada suara Pak Jamidi langsung keluar (Dari rumahnya). Dia melihat harimau tadi dan kambingnya diseret-seret. Kambingnya betina beratnya sekitar 50Kg,” ujarnya.

Usai kejadian itu, Jamidi memang tidak langsung melapor ke pihaknya.
Pihaknya mengetahui hal itu Selasa (1/11/22) pagi kala melangsungkan pendataan.

“Malam itu Pak Jamidi memang tidak lapor. Kami mengetahui kejadian itu setelah pagi hari, pas kami pendataan. Pak Jamidi cerita. Kami langsung mencari informasi,” terangnya.

Informasi itu pun lantas sampai kepada petugas. Ya memang ada salah satu petugas TNBBS di pekon itu.

Sementara itu, Peratin (kepala desa/red) Padangcahya, Muzarni membenarkan informasi ada ternak warganya dimasanga harimau.

Bahkan, petugas dari TNBBS Balikbukit telah menyambangi pihak pemerintahan pekon di balai pekon guna menyampaikan informasi itu.

“Ya, tadi siang petugas polhut sudah ke kantor. Memang ada kambing warga dimangsa,” ujarnya.

Seraya mengimbau warganya agar tidak memasuki daerah tersebut saat malam hari.

Pemangsa kambing Jamidi tersebut diduga harimau lantaran terlihat dari jejak yang ditinggalkan. Ada jejak mirip tapak harimau. Ada pula bekas kambing tersebut diseret.

“Petugas udah ke lokasi di Cecahan Ujung masuk wilayah Pangku Wayhandak. Malam ini petugas dari polhut sudah berjaga di lokasi,” ujar dia.

Sayang, Kepala Resort (Kares) TNBBS Kubuperahu Balikbukit, Riga Dewangga Riant belum berhasil dikonfirmasi.

Nomor kontaknya tak bisa dihubungi. Demikian pula pesan singkat yang dikirim ke kontak WA-nya, hanya conteng satu.

Ada dugaan, sinyal ponsel di lokasinya berjaga hilang timbul.

Mediapun lantas mencari informasi dan menghubungi Kares TNBBS Suoh, Sulki.

Menurut Kares Sulki, Kares Riga dan beberapa petugas lainnya kini tengah berjaga dan melakukan blokade.

Sulki tak menampik ada informasi ternak dimakan harimau. Jejak harimau memang sempat pihaknya terima di lokasi yang lain. Namun kini ada di Cecahan Ujung Pekon Padangcahya.

“Beberapa waktu lalu harimau diinformasi masuk lokasi Kampungbaru Kelurahan Pasarliwa. Namun pas ditelusuri jejaknya tak ditemukan. Hilang karena hujan. Kini harimau itu masuk daerah sana (Cecahan Ujung,). Petugas sudah ada di lokasi termasuk Kares Riga. Berjaga dan melakukan blokade,” tandas Kares Sulki.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *