Ir. Maulan Adakan Penyuluhan PMK di Argomulyo

Way Kanan,Telisiknews.id – Maulana Kadis Pertanian dan Perternakan, Kabupaten Way Kanan adakan penyuluhan di Kampung Argomulyo Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan, Kamis (18/08/22).

Menindaklanjuti maraknya gejala PMK yang melanda di Kampung argomulyo akhir-akhir ini, membuat peternak mengeluh.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, di Kampung Argomulyo terdapat, 5 kandang ternak yang terjangkit gejala PMK berdasarkan laporan warga Dusun Ksuman 2.

Membuat Dinas Pertanian dinas pertanian peternakan peternakan Way Kanan, mendaklanjuti ke lokasi peternak yang terdampak.

Peyuluhann dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Maulana, di Kediaman Suparno Warga setempat, bersama tim dokter hewan turun ke lokasi dengan melaksanakan penyuluhan secara dadakan, dengan mengumpulkan semua warga
kurang lebih 50 warga peternak argomulyo ikut hadir penyuluhan dengan saksama kepala dinas.

Menurut Ir. Maulana  Ciri-ciri PMK yaitu penyakit, berindikasi itu predikasi, penyakit kuku mulut, ber ciri ciri mulut mengeluarkan busa dan di serkitar kuku ada luka, ternak yang terjangkit tidak mau makandan.

“Saya berharap saya berharap, dapat cepat melaporkan kepada aparat aparat terkait agar dapat ditindak lanjuti. Ini permasalahan yang sangat penting yang harus ditindak lsnjuti dengan serentak bukan hanya dari pemerintah saja tetapi harus melibatkan masyarakat semua, termasuk peyernak,” kata maulana.

Hadir dalam penyuluhan ini kepala kampung argomulyo Suhardi, dokter hewan dinas UPTD Kecamatan dan warga Kampung ArgoMulyo.

“Secara cepat dan tanggap ini respon positip, sayasangat mengapresiasi agar dapat menyelamatkan ternak-ternak yang terdapat PMK dan saya berharap, warga argomulyo umumnya banjit Kabupaten Way Kanan,
tapi karena penyakit menular sangat berbahaya untuk menangani dibuyuhkan kekompakan, semua pihak dalam menanggulangi penyakit PMK ini,” paparnya.

Usai penyuluhan kadis pertanian memberikan obat Рobat untuk ternak sekaligus memberi vaksin  kepada peternak yang terdampak, serta memberikan disinvektan untuk penyemprotan di wilayah kandang yang terdampak.(tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.