Jadilah Seorang Wartawan dengan Prinsip Jurnalisme Tinggi

Oleh : Ahsannuri

Artikel, Telisiknews.id – Jurnalis atau dikenal juga dengan wartawan adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur.

Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat.

Dalam produksi suatu pemberitaan, dilibatkan juga editor yang melakukan pemeriksaan isi konten untuk menjaga kualitas laporan.

Tak jarang dalam suatu berita, seorang wartawan mendapatkan intimidasi, doktrin, ancaman bahkan tak jarang berakhir dengan pembunuhan.

Kendari demikian, menjadi seorang jurnalis merupakan perbuatan mulia ketika dirinya benar – benar menyampaikan informasi sesuai fakta dan kebenaran dan berdasarkan cek end ricek.

Seorang jurnalis yang baik adalah mereka yang benar-benar mengabdikan pekerjaannya untuk menyajikan berita apa adanya, tanpa ditambah tambahi atau pun terkesan bombastis, terhindar dari nilai hoaks dan berita yang mengalami framing.

Untuk menjadi seorang wartawan yang profesional, Jangan mencari sesuatu berdasarkan hal yang lagi viral saja, akan tetapi mulailah untuk menjadi seorang wartawan yang memiliki ciri khas dengan menghasilkan berita eksklusif yang tidak dimiliki oleh wartawan lainnya.

Perlu kita ketahui, seorang wartawan tidak boleh untuk berbohong apalagi sampai menghasilkan berita bohong. Mereka punya tanggung jawab besar terhadap setiap berita yang dihasilkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Ini yang harus menjadi perhatian kita sebagai seorang jurnalis, Jadilah seorang wartawan dengan prinsip jurnalisme tinggi, jangan mudah terpengaruh terhadap materi dan kekuasaan yang akan membuat paham jurnalisme mu semakin rusak.

Sebagai seorang Jurnalis, Mengkritik lah dengan membangun menggunakan solusi bukan semata karena sensi. Lakukan hal terbaik sebagai jurnalis untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang demokratis.

Banyak orang yang menganggap bahwa seorang jurnalis adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, tetapi mereka lupa dengan perjuangan kami yang turun sampai ke pelosok demi mendapatkan seonggok informasi (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.