Kapolres Lampung Barat Pimpin Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

Lampung Barat, Telisiknews.id — Di lapangan Apel Mako Polres Lampung Barat digelar Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, Sabtu (01/10/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.Ik.,M.H., Perwira Upacara Kasat Sabhara Polres Lampung Barat IPTU Rekson Syahrul Komandan Upacara Kanit Jatanras Satreskrim Polres Lampung Barat IPDA Dickson Efry Bann, S.Tr.K sedangkan peserta upacara terdiri dari Pejabat Utama, Perwira dan Personel Bintara Polres Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

Dalam Upacara ini Kapolres membacakan Teks Pancasila yang ikuti oleh seluruh peserta upacara, selanjutnya pembacaan naskah pembukaan UUD 1945 dan pembacaan naskah Ikrar, tentang kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamankan nilai-nilai Pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Menurut Kapolres Lampung Barat, Pancasila itu dirumuskan untuk memperkokoh berdirinya Negara Republik Indonesia, selain itu dengan adanya Pancasila sebagai bangsa Indonesia tentunya dapat menjalankan hidup yang lebih baik mengingat sebelum pancasila dirumuskan banyak sekali rakyat Indonesia yang susah.

“Tidak hanya menjadi pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara, pancasila juga dijadikan sebagai pedoman dalam mengatur masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang damai dan sejahtera,” ujar Kapolres.

“Upacara ini dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang mulai memudar. Dengan upacara ini, kita maknai lagi nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila sebagai semangat untuk membangun bangsa”, tutup Kapolres.

Upacara dilaksanakan secara khidmat dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19, yang mana seluruh personel tetap menggunakan masker. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *