Ketua Dharma Wanita Lampung Barat Hadiri Kegiatan Pembinaan Posyandu Lansia di Hanakau

Lampung Barat,Telisiknewa.id – Mengingat kesehatan sangat penting bagi setiap orang, Ketua Dharma Wanita Lampung Barat Dra. Zelda Nukman M.M., menghadiri kegiatan pembinaan dan pemberian bantuan bagi posyandu lansia dharma wanita persatuan Kabupaten Lampung Barat tahun 2022 pada Kamis (15/9/2022) di Balai Pekon (desa/red) Hanakau.

Diketahui, pada kesempatan itu, diikuti 19 lansia yang berusia hingga tak terbatas dari 12 pemangku yang terdapat di Pekon Hanakau. Kegiatan tersebut sasaran utamanya ialah mencegah penyakit Stroke dan kencing manis.

Bacaan Lainnya

Setibanya di lokasi ketua Dharma Wanita disambut dengan senam lansia yang diperagakan para peserta pasyandu. Ia pun, dengan gembira mengikuti gerakan senam yang diperagakan para peserta meski dirinya sedang mengenakan seragam Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Selain dilakukan pemeriksaan tensi, gula darah, kolestrol dan pemberian vitamin serta obat juga dilakukan pemberian bantuan kepada 25 lansia berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako).

Kegiatan yang berlangsung kecamatan Sukau merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para kader Posyandu lansia Pekon Hanakau bekerja sama dengan Puskesmas Buay Nyerupa kecamatan Sukau satu bulan sekali.

Dengan tujuan sebagai wadah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan kesehatan para lansia.

Kesehatan merupakan salah satu nikmat terbesar yang jarang disyukuri, padahal kesehatan adalah pondasi utama untuk menjalani kehidupan

Ny. Zelda Nukman mengapresiasi kegiatan tersebut, pasalnya para lansia yang terdapat di Pekon Hanakau sangat antusias dalam mengikuti kegiatan posyandu.

“Saya senang sekaligus merasa bangga mengahdiri kegiatan posyandu di Pekon Hanakau ini karena ibu-ibunya sangat antusias mengikutinya,” jelas Ucap Istri Sekretaris Daerah Lampung Barat itu.

Zelda mengatakan posyandu merupakan, salah satu bentuk upaya untuk menjaga kesehatan yang bersumber daya (UKBM), yang pelaksanaannya dilakukan oleh para kader lembaga swadaya berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat.

Mengikuti kegiatan posyandu sangat penting, karena dengan mengikuti kegiatan tersebut para lansia mendapatkan pelayanan secara berkala dengan tujuan dapat mencegah dan mengobati penyakit.

Menurutnya, penyakit yang rentan pada masyarakat yang sudah lanjut usia yakni stroke, kolestrol dan kencing manis.

Ia menghimbau kepada lansia yang terdapat di kabupaten lampung barat khususnya di Pekon Hanakau agar rutin mengikuti posyandu untuk memeriksakan kesehatan.

“Karena kesehatan modal utama dalam menjalani kehidupan,” ujarnya.

Selain itu, Ia pun menjelaskan pemberian bantuan kepada lansia selain salah satu program kerja Dharma Wanita persatuan kabupaten lampung barat dalam rangka mendukung upaya kesehatan.

Juga merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, melalui persatuan Dharma Wanita kepada lansia yang terdapat di Pekon Hanakau.

Terakhir, Ny. Zelda Nukman mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada kader posyandu Pekon Hanakau dan puskesmas Buay Nyerupa yang telah mengadakan kegiatan tersebut.

“Pada dasarnya kegiatan ini memang sudah menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Metty Sylviani, S.ST, MKM., menyebutkan kegiatan posyandu itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan satu bulan sekali, dalam rangka memberi pelayanan kesehatan kepada lansia yang terdapat di Pekon Hanakau.

“Tujuannya supaya dapat mendeteksi penyakit, mengetahui kesehatan dan melakukan pencegahan potensi penyakit para lansia,” Tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ny, Nata djudin, Ny.Ronggur, Ny. Okmal, Ny. Burlianto, Ny. Yudha Setiawan, Ny. Danang harisuseno, Ny. Munandar, Ketua Dharma Wanita Pekon, Camat, Peratin dan peserta Posyandu.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.