Kinerja Peratin Mekarjaya Dianggap Aneh dan Janggal Oleh Warganya

Lampung Barat, Telisiknews.id – Lagi – lagi ditemukan kejanggalan dalam Pekon (desa/red) Mekar Jaya Kecamatan Gedung Surian Kabupaten Lampung Barat, (Lambar) pasalnya, tepatnya beredar di masyarakat surat hasil musyawarah (berita acara) bahwasanya pihak pekon yang dipimpin oleh Peratin (kades/red) Dede Suherly, telah mengangkat Kepala Pemangku (Kepala Dusun/red) Pura Utama II, bernama Edy Syahroni tepatnya pada Hari Jum’at 12 Agustus Silam.

Dan menurut informasi yang dihimpun dari masyarakat, Kepala Pemangku Pura Utana II Edi Syahrini hanya memiliki Surat Keputusan Peratin (SK) dan tidak ada rekomendasi dari Kecamatan Gedung Surian.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut sesuai dengan pengakuan Camat Agus Setiawan, beberapa waktu lalu, bahwa pihaknya tidak pernah menerima permohonan rekomendasi sial urusan Pemangku.

“Sampai saat ini tidak pernah ada permohonan rekomendasi untuk pemangku,” ucap Agus saat dikonfirmasi beberapa hari lalu.

Kendati tertera dalam surat tersebut pengangkatan Kepala Pemangku Pura Utama II, merupakan hasil musyawarah seluruh elmen masyarakat, seperti para tokoh, aparatur pemerintahan pekon, LHP dan masyarakat. Namun, lagi – lagi surat keputusan berita acara itu itu diduga hanya akal – akalan belaka sebab, menurut pengakuan Ketua Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) setempat Chandi, Selasa (18/10/2022) pihaknya tidak pernah merasa ikut dalam musyawarah tersebut.

“Yang jelas LHP belum pernah di ajak musyawarah terkait Pemilihan Kapala Pemangku yang tercantum di berita acara tersebut, boleh ditanyakan kepada LHP yang lain,” ujarnya.

Uniknya lagi, kendati telah mengangkat Edy Syahroni sebagai Kepala Pemangku Pura Utama II, sang peratin yang belum genap satu tahun menjabat itu justru membuat bingung warganya sendiri, dengan menyebarkan surat edaran berupa pengumuman perekrutan calon Kepala Pemangku termasuk untuk pemangku Pura Utama II, yang konon telah mengangkat Edi Syahroni sebagai Pemangku Pura Utama II tersebut.

Keanehan kinerja Peratin Dede Suherly tersebut, diakui warga setempat, inisial S, menurutnya Kinerja Peratin Mekar Jaya semakin aneh.

“Unik sekarang mau ada Pemilihan Pemangku sedangkan pemangku baru udah ada SK, semakin Aneh aja Mekar Jaya,” kata warga (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *