Lapas Terbuka Kelas llB Pasaman Saat Ini Searah Dengan Program Pemda Pasbar

Pasaman Barat, Telisiknews.id – Lapas Terbuka Kelas llB Pasaman saat Ini searah dengan Program Pemda Pasbar, hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto saat mengahadiri panen raya jagung Lapas terbuka yang berlangsung di kebun milik Lapas tersebut pada Rabu (18/01/2023).

Dikatakan Risnawanto, apa yang dilakukan oleh Lapas Terbuka Kelas llB Pasaman saat ini searah dengan program Pemda Pasaman Barat untuk mendukung ketahanan pangan nasional, menurutnya banyak hal yang harus diperbuat oleh daerah dalam menunjang program pemerintah Pusat, terutama dalam mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah Pusat untuk peningkatan ekonomi.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam sambutannya berharap, Lapas terbuka Kelas llB Pasaman telah berpartisipasi memanfaatkan lahan secara maksimal yang sesuai dengan Program Pemda Pasaman Barat, untuk itu Wabup menyampaikan juga siap bekerja sama dengan Kemenkumham wilayah Sumbar.

“Apa yang menjadi bagian kerja Kanwil Kemenkum HAM Sumbar, juga menjadi bagian kerja Pemda Pasaman Barat, seperti yang kita lihat di Lapas Terbuka Kelas llB Pasaman hari ini yakni, kegiatan ini terbukti mendukung ketahanan pangan nasional dan untuk itu, kita siap bekerja sama,” ujar Risnawanto.

Risnawanto menyampaikan, saat ini sektor ekonomi menentukan maju mundurnya suatu daerah, dengan adanya program yang dilakukan Lapas Terbuka Pasaman saat ini, tentunya bisa menjadi contoh dalam mendukung program ketahanan pangan Nasional di daerah kabupaten Pasaman Barat, terutama dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitarnya,” Ujarnya.

Menurut Kepala Lapas Terbuka Kelas II Pasaman, Azhar A. Md. I. P, Sh. yang didampingi oleh Kasubbag TU, Zulkifli,S.H. menyampaikan panen raya jagung hari ini merupakan adanya kepedulian dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas llB Pasaman yang terus berinovasi dalam memberdayakan warga binaan yang berada di Lapas Terbuka.

“Warga binaan yang ada di Lapas terbuka ini, memang selalu dibekali dengan cara bertani, beternak, pertukangan,kelistrikan maupun kerajinan tangan serta pembekalan lainnya,”terang Azhar.

Dikatakannya, Produktifitas warga binaan itu telah membuahkan hasil, seperti halnya pada hari ini Rabu (18/1), saat Lapas terbuka melakukan panen jagung dan memancing bersama di kebun milik Lapas terbuka Kelas llB Pasaman.

Panen raya yang berlangsung meriah dan sukses tersebut, terlihat juga selain dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto juga terlihat Kakanwil Sumbar Haris Sukamto, Polres Pasbar, Kejari Pasbar, dan seluruh Kalapas sesumbar serta stakeholder terkait, tak ketinggalan para napi binaan yang ada.

Sementara, Kepala Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Sumatera Barat,Haris Sukamto, pada kesempatan itu sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kalapas Terbuka Kelas llB Pasaman, terutama dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaan yang menjalani masa penahanan di lapas terbuka ini dengan pembekalan terhadap mereka.

” Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kalapas Terbuka Kelas llB Pasaman ini, dimana telah membangun sarana Lapas Terbuka dan telah sukses dalam membina warga binaannya,” ujar Sukamto.

Menurutnya saat ini Lapas terbuka Kelas llB Pasaman telah mengalami kemajuan dalam memberikan edukasi dan pembinaan terhadap warga binaan di lapas terbuka, terutama pembinaan pertanian, perikanan pertukangan, peternakan dan kelistrikan.

Selain itu Haris Sukamto juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat yang selama ini telah mendukung Kemenkumham dalam menjalankan tugas pokoknya di bidang Hukum dan Ham.

“Pada kesempatan ini juga saya, mengucapkan selamat Ulang tahun buat Pasaman Barat, juga terimakasih yang tak terhingga Kami sampaikan kepada Pemda Pasaman Barat yang selama ini telah mendukung kami dalam menjalankan tugas,” ucapnya mengakhiri.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *