Lat Pra Ops menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Polresta Bandar Lampung adakan

Bandar Lampung, Telisiknews.id – Menjelang Operasi Lilin -2022, Polresta Bandar Lampung Polda Lampung, menggelar latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) yang dipimpin oleh Wakapolresta Bandar Lampung, AKBP Ganda M.H. Saragih, S.I.K.,

Kegiatan Lat Pra Ops yang digelar di Aula Patriatama Polresta Bandar Lampung di hadiri oleh para Pejabat Utama (PJU), para Kapolsek dan seluruh para penanggung jawab Subsatgas berikut anggota yang terlibat Pos Pam dan Pos Yan.

Bacaan Lainnya

Dalam Operasi Lilin Krakatau 2022 Polresta Bandar Lampung menerjunkan sebanyak 732 Personil untuk mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Hukum Polresta Bandar Lampung.

Dalam sambutannya Wakapolresta mengatakan, sejumlah 732 personil yang kami terjunkan terdiri dari 373 personil Polresta dan Polsek jajaran, sedangkan 359 personil itu bantuan dari Instansi terkait.

Sejumlah 732 personil untuk mengamankan di mulai giat Jamaat yang melaksanakan Ibadah Natal dan Tahun Baru, sampai dengan pengamanan masyarakat Bandar Lampung dalam menyambut pergantian tahun serta mengamankan pada setiap titik kumpul masyarakat dan tempat – tempat Wisata yang akan di kunjungi masyarakat, ungkapnya.

Lanjut Wakapolresta, Operasi Lilin Krakatau 2022 ini merupakan operasi kemanusiaan dan untuk pelaksanaannya khusus pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun 2023 sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang akan merayakan Natal maupun masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun.

Masih di tempat yang sama Wakapolres mengatakan, perlu diketahui juga bahwa operasi ini akan dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023”

Lat para ops ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum dimulainya suatu operasi, dan hari ini kita melaksanakannya dalam rangka Ops Lilin Krakatau – 2022 dan melalui kegiatan ini kita menyamakan persepsi kita dalam operasi nantinya di lapangan ,” jelasnya”.

Dalam operasi Lilin Krakatau terdapat Lima satuan Tugas (Satgas) kegiatan operasi yang perlu dipersiapkan yakni : Satgas Deteksi oleh Kasat Intel, Satgas Prefentif oleh Kasat Samapta, Satgas Kamseltifcar oleh Kasat Lantas dan Satgas Gakum oleh Kasat Reskrim serta Satgas Bantuan Operasional.

Kelima satgas tersebut agar selalu membangun komonikasi dan koordinasi dilapangan demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, baik sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2022 yang akan berlangsung Jumat tanggal (23/12/22) hingga tanggal (02/01/2023) pekan depan.

Sebagai penanggung jawab kamtibmas, kita harus benar-benar memberikan rasa aman, nyaman kepada seluruh masyarakat pada perayaan natal dan Tahun Baru,“ tekan AKBP Ganda”.

Khususnya pengamanan di tempat ibadah yakni di gereja agar berkoodinasi bersama pihak gereja dan bekerja sama sehingga ibadah dapat berjalan lancar dan membantu pihak gereja dalam pengaturan kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di depan gereja yang dapat menggangu umat saat hendak masuk maupun pulang gereja, ujarnya.

AKBP Ganda juga berharap, kepada para Satgas agar pada kesempatan pertama jelang perayaan nantinya segera membuat himbauan –himbauan kamtibmas seperti yang dapat mengganggu umat saat beribadah dan mengingatkan kembali bahwa Pandemi Covid-19 belum usai di karnakan Tren atau Paparan Covid-19 yang cenderung meningkat ahir- ahir ini agar kiranya selain melaksanakan pengamanan juga memberikan himbauan mengenai Prokes secara baik dan benar.

Kepada seluruh personil yag terlibat dalam operasi ini agar berikan pelayanan Kepolisian yang terbaik kepada masyarakat sehingga masyarakat aman dan nyaman, jaga kekompakan dan kesehatan serta tidak melakukan pelanggaran yang nantinya merugikan diri sendiri, keluarga dan institusi”, tutup Wakapolresta Bandar Lampung. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *