Mahasiswa KKN Melayu Serumpun Tingkatkan Peluang UMKM Sabun Cuci Piring Desa Meudheun, Aceh Jaya

Aceh,Telisiknews.id – Kebutuhan sabun cuci piring memiliki peminat yang banyak di desa Meudheun, Aceh Jaya. Selain itu, UMKM di desa Meudheun juga belum terstruktur secara sistematis. Melihat peluang tersebut, mahasiswa KKN Melayu Serumpun membuat program kerja tentang pembuatan Sabun Cuci Piring.

Menurut Cut Nur Kemala Dewi, Mahasiswa KKN pelopor ide sabun cuci piring, pembuatan sabun ini bisa menjadi alternatif masyarakat. “Tujuan dari pembuatan sabun cuci piring itu banyak. Salah satunya yaitu meningkatkan peluang masyarakat dalam menciptakan produk UMKM yang mudah dibuat dan didapat. Bahkan lebih baik lagi jika masyarakat desa Meudheun bisa memanfaatkan bahan alam dalam proses pembuatan sabun cuci piring.” Ujar Cut Nur Kemala Dewi.

Bacaan Lainnya

Dalam proses peningkatan UMKM sabun cuci piring, Mahasiswa KKN Melayu Serumpun membuat pelatihan di setiap dusun Meudheun, Aceh Jaya. Setiap pelatihan, Mahasiswa KKN menggunakan sabun sebanyak 1 Liter. Hal ini agar memudahkan masyarakat dalam mempraktekan proses pembuatannya. Selain mengajarkan proses pembuatannya, masyarakat juga membuat label nama untuk produk sabun.

Tuha Peut atau lembaga kelengkapan gampong Kak Imah tak kalah antusias. Beliau berharap semoga masyarakat bisa memanfaatkan ilmu yang Mahasiswa berikan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa mendapatkan penghasilan dari peluang UMKM tersebut.

Penulis: Neneng Nurhasanah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.