Melalui Vidcon Bupati Lambar Hadiri Acara Evaluasi Sakip

Lampung Barat,Telisiknews.id – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsud, menghadiri acara Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Reformasi Birokrasi Tahun 2021, di Aula Kagungan Setdakab, Selasa (06/09/2022).

Acara tersebut dilakukan secara Zoom Meeting/Video Conferensi (Vicon) yang turut dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II, Budi Prawira, Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) Gempar Ganefianto, Arif Budiawan, Nilawati, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman, M.M, Seluruh Asisten, Staf Ahli Bupati dan Seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu Parosil menyampaikan, terimakasih kepada tim evaluator KemenPAN-RB yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat dalam melaksanakan Evaluasi Sakip melalui Zoom Meeting.

“Hal tersebut tentu saja menjadi bukti kuat keseriusan Pemkab Lampung Barat demi pencapaian terbaik dalam penilaian Sakip dan RB, Ini juga menjadi komitmen Pemkab Lampung dalam upaya perbaikan manajemen kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi yang berkelanjutan,” ucapnya.

Parosil mengatakan, jika dilihat dari hasil penilaian Sakip dan RB dari tahun 2017-2021 cenderung mengalami peningkatan nilai. Walaupun sampai saat ini belum menunjukan prestasi yang memuaskan.

Hasil dari penilaian Sakip dan RB ini menjadi barometer bagi kami untuk memperbaiki kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang berkelanjutan.

Menurutnya, dirinya senantiasa memberikan penekanan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk serius dan bersungguh-sungguh untuk mengimplementasikan Sakip dan RB ini sebagai media untuk meningkatkan kinerja Perangkat Daerah antara program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Lampung Barat Sehingga berjalan dengan efektif dan efisien.

Sebagai mana tujuan dari misi keempat Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan amanah dengan berorientasi pada pelayanan publik.

“Untuk mencapai target tersebut, hal-hal yang kurang dari evaluasi sebelumnya kami berupaya untuk dilengkapi dan disempurnakan serta akan kami sampaikan,” ungkapnya.

“Kami sadar bahwa upaya untuk membangun Sakip dan RB yang berkelanjutan ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh Perangkat Daerah serta adanya dukungan yang kuat dari lembaga legislatif sebagai perwujudan dari rakyat,” tambahnya.

Menurut Parosil, dalam membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja adalah membangun keselarasan antara perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pelaporan kinerja dan evaluasi yang efektif dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi yang akuntabel, Birokrasi yang Kapabel dan Pelayanan Publik yang Prima.

“Saya berharap semoga hasil yang dicapai nantinya akan menjadi hasil yang terbaik untuk kita semua dan untuk kemajuan Kabupaten Lampung Barat,” pungkasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.