Membanggakan, Siswa SMAN 1 Liwa Raih Juara Broadcasting Tingkat Nasional

Lampung Barat, Telisiknews.id -Siswi kelas XII SMA N 1 Liwa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Nuryulia Maha Rhany meraih juara Broadcasting tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Kampus Universitas Lampung dengan tema ‘Experience The Real Think With Rakafair 2022’.

Putri dari pasangan Ismail M. Baki dan Leni Anita itu mengatakan, dirinya mengikuti perlombaan tersebut berawal dari melihat rangkaian School Tour dalam kegiatan Rakafair yang diselenggarakan setiap tahun di Rakanila dengan tujuan memperkenalkan UKM Radio Kampus Unila.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak menyangka akan menjadi juara, berawal dari melihat School Tour yang dikirim melalui grup WA yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rakafair yang setiap tahunnya diselenggarakan Rakanila untuk memperkanalkan UKM Radio Kampus, sehingga saya tertarik mengikuti perlombaan tersebut,” kata Rhany saat dihubungi melalui sambungan WhastApp nya, Senin (31/10/2022).

Dijelaskan putri dari mantan ketua PWI Kabupaten Lampung Barat tahun 2012 itu bahwa ada dua perlombaan yang digelar dalam kegiatan tersebut yaitu lomba Jurnalistik dan Broadcasting, menurutnya ia cenderung memilih untuk mengikuti perlombaan Broadcasting karena lebih menarik minatnya untuk mengikuti kompetisi.

“Untuk tahapan seleksi sebenarnya tidak ada karena siapa pun boleh ikut, nah kebetulan saya tertarik untuk mengikuti lomba broadcasting dan langsung mempersiapkan diri dengan latihan dan mempersiapkan tema yang akan saya ambil baik untuk narasumber, script dan lainnya,” ungkap putri kedua dari tiga bersaudara itu.

Siswi jurusan IPA yang aktif dalam mengikuti ekskul Paskib, Pramuka dan Osis itu menuturkan peserta yang ikut dalam perlombaan yang di gelar sejak 11 September hingga 20 Oktober itu diikuti oleh peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Namun, dirinya tidak mengetahui persis berapa jumlah peserta yang ikut berkompetisi dengannya itu, sebab panitia pelaksana tidak membeberkan berapa total keseluruhan peserta dalam ajang tersebut.

“Untuk jumlah pesertanya banyak sih kak ratusan bahkan lebih karena kan dari seluruh Indonesia juga ikut dari tingkat SMA nya, tapi untuk jumlah pastinya saya kurang tau, saya lebih fokus agar memberikan penampilan terbaik untuk mengharumkan nama Lambar,” ujar siswi yang akrab disapa Rhany tersebut.

Menurut putri kedua dari tiga bersaudara yang memiliki hobi berorganisasi itu ada beberapa penilaian yang menjadi pertimbangan dewan juri untuk menentukan pemenang dari lomba tersebut, pertama kemenarikan Script, kejelasan intonasi suara, bridging, kesesuaian durasi dan kreatifitas program acara.

“Sebenarnya saya tidak berharap lebih untuk juara dalam perlombaan ini, terlebih lagi karena peserta yang diambil dari pelajar SMA sederajat dan mahasiswa se-Indonesia. Karena tujuan utama saya mengikuti lomba ini adalah untuk mengasah kemampuan saya dalam bidang Broadcasting,” jelas Rhany.

Ia bersyukur atas prestasi yang di raihnya dalam mengikuti perlombaan tersebut, hasil tersebut di dedikasikan untuk orang tua, keluarga dan teman-temannya yang telah memberikan suport hingga ia bisa menampilkan kemampuan terbaiknya, karena ia tak menyangka bisa berhasil meraih juara tiga.

“Syukur Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk meraih juara 3 di perlombaan ini, saya sempat terkejut karena saya tidak menduga sebelumnya karena ini pertama kalinya saya mencoba perlombaan broadcasting,” tandas Rhany.

Pelajar yang memiliki cita-cita menjadi Planner itu pun berharap, semoga apa yang telah diraihnya merupakan awal dan pembuka bagi para millenial yang ada di Lampung Barat untuk mengembangkan kreativitas yang bersifat edukatif dalam bidang Broadcasting.

“Saya berharap apa yang sudah saya raih ini bisa menjadi awal dan pembuka bagi millenial-millenial yang ada di Kabupaten Lampung Barat untuk mengembangkan kreativitas yang bersifat edukatif,” pungkas Rhany (Reko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *