Mengenal Sosok yang Melangkah dari Seorang Loper Koran Hingga Menjadi Pemimpin Redaksi

Foto| Saat Mengikuti UKW di Kantor Antara (Kantor Berita Nasional) Jakarta Pusat 2018 lalu

Lampung Barat, Telisiknews.id – Ahsannuri adalah seorang anak laki-laki yang lahir di Lampung Barat, dari keluarga sederhana dari pasangan Erhasan (Alm) dan Wartina Wati pada 9 September 1979 lalu.

Bacaan Lainnya

Lelaki yang akrab disapa Bang Hasan tersebut, satu dari ratusan wartawan Provinsi Lampung.

Memulai karir dari bawah yakni seorang loper koran Radar Lampung dan Radar Lambar pada tahun 2009. Sebagai seorang loper dia berkeinginan untuk menjadi seorang wartawan.
Dia mencoba memasukan lamaran untuk menjadi wartawan bersama dua rekanya yang juga berprofesi sebagai loper koran, yaitu Bung Merli Sendosa yang saat ini menjabat sebagai Pemimpinan Umum di Media Online dan cetak Waktu Indonesia.id serta Bung Eko Pramiswanto yang Saat ini Menjadi Pemimpin Redaksi Media On-line dan Striming Globalnews.com.

Ternyata pada saat itu untuk menjadi seorang wartawan tidaklah mudah ketiganya memasukan lamaran di salah satu koran lokal yaitu Fokus Post dalam proses menjadi wartawan dirinya harus banyak belajar tentang tatacara dan etika penulisan berita yang baik dan benar, sehingga tak jarang dalam penulisan berita dirinya harus menerima kemarahan dan bentakan ketika salah dalam menulis.
Awal tugasnya diperintahkan oleh Redaksi untuk mengembangkan koran tersebut di wilayah Sumberjaya Gedung Surian, Sekincau, Belalau dan Suoh.

Kendati begitu dengan segala kerterbatasan sebab pada saat itu belum menggunakan smartphon sehingga, untuk menulis berita dirinya harus mencari Warung Internet (terdekat) untuk mengirim berita ke redaksi via email.

Lalu pada era 2011 – 2012 saat Redaksi Fokus Post mulai meredup dirinya diajak oleh eks Pemimpin Redaksi Fokus Post yaitu Andi Gunawan S.Sos bersama rekan seperjuanganya sejak Loper hingga menjadi seorang jurnalis, yaitu Bung Merli Sentosa yang saat ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Media On-line dan Cetak, Waktu Indonesia.id, dan juga merupakan Ketua SMSI Lampung Barat, untuk mendirikan sebuah media cetak yaitu harian Warta Lambar.

Saat itu, dirinya menjabat sebagai Redaktur, dan Wakil Pemimpin Redaksi pada era 2013 hingga akhirnya koran harian tersebut meredup.

Dan pada era 2013 dirinya menjadi Kabiro koran mingguan Tipikor, lalu 2014 – 2015 menjadi Pemimpin Redaksi Koran Harian Lensa Pesisir, 2016 – 2017 Pemimpin Redaksi Koran Harian Gema Sumatera 2017 – 2020 Redpel di Media Online Kejarfakta.co, Kabiro Media Resindonews.com dan Sigerlink.com, 2021-2022 dan saat ini merupakan pendiri sekaligus Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Media Online Telisiknews.id.

Sebagai seorang jurnalis, dia dikenal tajam dan tak pandang bulu dalam memberitakan kontrol sosial. Baginya semboyan “Jadikan Tulisanmu Sumber Kehidupanmu” menjadi pegangan untuk memberitakan masalah kontrol sosial. Tak ada kata Takut dan Cemas untuk melakukan investigasi terkait kontrol sosial.

Berbagai rintangan dan hambatan telah dilaluinya dalam mengungkap kasus-kasus korupsi. Bahkan media yang saat ini dipimpinnya yakni Telisisikews.id, menjadi salah satu media yang terkesan media yang tidak suka dengan tindakan – tindakan para pejabat nakal dalam mengelola tatanan kepemerintahan.

Sebagai seorang jurnalis, dia lebih fokus kepada permasalahan – permasalahan yang terkait dengan dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Berbagai rintangan dan tantangan telah dilaluinya guna mengungkap dugaan KKN diinstansi pemerintahan, Polri dan TNI. Mulai dari ancaman pembunuhan, intimidasi dan kriminalisasi telah dilaluinya tetapi hal itu tak membuat dia menyerah. Selama penulisan berita tersebut sesuai UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik serta merupakan produk jurnalistik. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *