Mukhlis Basri Hibahkan Bibit Pohon Langka di Kebun Raya Liwa

Lampung Barat,Telisiknews.id – Kader Ideologis PDI Perjuangan Mukhlis Basri, Menghibahkan tiga bibit pohon langka jenis Baubab yang ditanam langsung anggota komisi I DPR RI tersebut, dua diantaranya di Kebun Raya Liwa (KRL) dan satu di area Sekuting Terpadu Balikbukit, Selasa (14/6/).

Mukhlis, Mengatakan bulan Juni merupakan bulan Bung Karno, karena pada 1 Juni lahirnya Pancasila, 6 Juni hari lahir dan 21 Juni wafatnya bapak Proklamator, Maka seluruh kader PDI Perjuangan diperintahkan oleh ketua umum untuk menggelar berbagai kegiatan.

“Menanam pohon merupakan salah satu program mengisi Bulan Bung Karno, sesuai dengan perintah ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selain beberapa kegiatan lain, seperti bakti sosial, gerakan membersihkan sungai, serta berbagai kegiatan lain dan untuk di Lampung Barat, saya sengaja membawa bibit pohon Baubab,” Kata dia.

Karena menurut Mukhlis, Bibit pohon yang dibawa langsung dari Jawa Barat tersebut, selain sudah langka, juga mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Dengan demikian diharapkan kedepan bisa dikembangkan di Lampung Barat.

“Bibit yang ini saja harga perbatang Rp 4 juta, sementara harga pohon yang sudah besar mencapai Rp750 juta. Untuk itu agar di rawat dengan baik, karena selain kita ikut melestarikan, juga menambah koleksi jenis kayu-kayuan di KRL, dan siapa tahu kedepan dapat dikembangkan dalam bentuk pembibitan,” Harap Bupati Lampung Barat dua periode tersebut.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Mukhlis Basri mengatakan gerakan menanam pohon merupakan bentuk kepedulian partai untuk menjaga alam dan lingkungan.

Hal itu disampaikan mantan bupati Lampung Barat 2 periode itu disela-sela kegiatan aksi Penanaman Pohon dalam rangka Bulan Bung Karno di Kebun Raya Liwa Lampung Barat.

Pemilik jargon “Aku Bangga jadi Anak Petani” itu menyampaikan, gerakan menanam pohon merupakan bentuk kepedulian kader partai PDIP yang ingin terus merawat dan menjaga lingkungan dan alam, sebagaimana instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Megawati adalah sosok negarawan yang sangat konsen dalam menjaga alam. Kami diinstruksikan untuk menanam tanaman-tanaman langka serta berbagai tumbuhan yang dapat menjaga kedaulatan pangan kita,” kata kakak kandung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus itu.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan bahwa menjaga keberlangsungan lingkungan yang sehat adalah bagian dari nafas gerak kepartaian PDI Perjuangan.

“Sesuai arahan ibu Ketua Umum, bagi kami berpolitik itu adalah membangun peradaban. Dan upaya memajukan umat manusia ini akan terwujud jika alam dan lingkungan sebagai daya dukungnya berada dalam kondisi yang sehat dan lestari,” jelasnya.

Dia turut prihatin kadang kala masyarakat kurang menyadari bahwa satu pohon saja sesungguhnya punya makna yang luar biasa.

“Padahal satu pohon yang kita tanam, sejatinya akan menjadi paru-paru dunia dan menjadi warisan penting bagi anak cucu kita,” kata Mukhlis .

Mukhlis mengatakan partainya melanjutkan tradisi penghijauan di hari ulang tahun (HUT) ke-49 serta di acara Bulan Bhakti Bung Karno yang selalu diperingati setiap bulan Juni.

Ratusan kader partai, juga anggota Fraksi PDI P DPRD dan jajaran DPC PDI P Lampung Barat dikerahkan pada aksi sosial itu. Tampak hadir juga Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah

Mukhlis mengatakan kegiatan seperti ini merupakan tradisi PDIP, khususnya sejak tiga tahun terakhir dalam menyambut HUT Partai.

“Ketua Umum PDIP Megawati menginginkan partai terus menjaga kultur organisasi dalam merawat negeri,” papar Mukhlis. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.