Muncul Proyek Siluman di Sukarame – Kembahang, Pengawasan DPU Lambar Lemah

Lampung Barat, Telisiknews.id – Pekerjaan pembangunan jalan penghubung Pemangku (Dusun/red) Rantau Baru Pekon (Desa/red) Sukarami Kecamatan Baliknukit – Pangku 7 Pekon Kembahang Kecamatan Batubrak diduga melanggar undang – undang no 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan publik.

Pasalnya, di lokasi proyek tidak telihat papan informasi proyek yang menyatakan besaran serta sumber dana anggaran dan volume, lama proses pengerjaan dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Sehingga tak ayal pembangunan pembangunan tersebut disinyalir tidak hanya melanggar undang – undang keterbukaan imfomasi publik (KIP) tapi juga bertentangan dengan praturan Pesiden (per pres) no 54 tahun 2010 praturan perpres no 70 tahun 2012, tetang memasang papan informasi pada pembangunan proyek yang dananya di biayai oleh negara.

Salah seorang pekerja yang enggan dipublikasikan namanya, saat dikonfirmasi mengatakan, volum proyek tersebut sepanjang 1300 meter lebar 3 meter.

“Yang lain kami hanya pekerja jadi kami tidak tau,” ujar pekerja tersebut, Jum’at (26/8/2022).

“Kalau pengen jelas lebih baik temui pelaksananya yang bernama ipul,” ucapnya.

Ironisnya saat dikonfirmasikan kepada pelaksana tersebut, dirinya tidak mengakui proyek tersebut dia pelaksananya melainkan dia hanya pekerja.

“Itu bukan kerjaan saya juga saya ini upahan,” ungkap ipul.

Persoalanya, dalam pengerjaan proyek milik pemerintah diwajibkan memasang informasi di lokasi proyek tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui dan dapat mengawasi proses pengerjaan proyek tersebut dan hal tersebut telah diatur oleh undang – undang.

Selain itu, pengawasan dari pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lampung Barat terkesan lemah sehingg pihak kontraktor dengan leluasa melanggar peraturan proyek.

Dan hal ini diindikasi menjadi lahan pemanfaatan bagi para kontraktor nakal dengan sengaja tidak memasang papan informasi agar masyarakat tidak mengatahui asal usul dan informasi tentang proyek. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.