Penetapan Anggota PPS di Desa Taman Jaya Janggal, Kades : Dia Bukan Warga Saya

Lampung Utara, Telisiknews.id – Belum lama ini perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), tingkat desa/kelurahan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) rampung dilaksanakan.

Setelah melalui berbagai mekanisme proses perekrutan, akhirnya pihak KPU menetapkan anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tes tertulis hingga wawancara.

Bacaan Lainnya

Kini KPU melakukan pelantikan dan pembekalan kepada anggota PPS terpilih sekabupaten lampura yang dilaksanakan di gedung serbaguna islamic center kotabumi, Selasa (24/1/2023).

Namun, dari hasil seleksi hingga penetapan ada yang janggal, menurut Burhan ST selaku Kepala Desa (Kades) Taman Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, salah satu anggota PPS yang terpilih di desa nya bukan merupakan warga yang berdomisili di desa setempat.

Burhan mengatakan, ia mendapat laporan dari warga yang menerangkan bahwa salah satu anggota PPS berinisial AN, bukan warga Desa Taman Jaya namun di terima sebagai anggota PPS.

Atas laporan tersebut dan dasar peraturan yang ada, pihak Desa mengadukan ke KPU Lampura yang ditembuskan ke Bawaslu setempat.

“Kami dari pihak desa sudah mengajukan sanggahan ke KPU dan Bawaslu lampura,” ujar Burhan saat diwawancarai media ini. Selasa (24/1/2023).

Burhan berharap kepada pihak penyelenggara untuk menindaklanjuti persoalan ini.

“Saya berharap kepada KPU dapat meninjau ulang penetapan anggota PPS di Desa Taman Jaya, sebab sebagian pendaftar PPS warga asli Desa Taman Jaya komplain kepada saya, mereka menanyakan kenapa ada warga desa lain yang bisa menjadi pps di sini, untuk itu saya harapkan agar pihak penyelenggara dapat segera menuntaskan persoalan ini,” pungkasnya.(Heri s)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *