Pertama Kalinya Tim GLD Lambar Adakan Festival Literasi

Lampung Barat,Telisijnews.id – Festival Literasi salah satu media kampanye gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), digelar untuk pertama kalinya oleh Tim GLD dan direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun, di Taman Kota Liwa, Selasa (14/06/2022).

Festival dilaksanakan dalam rangka peringatan pencanangan Lambar sebagai Kabupaten Literasi, peringatan hari pendidikan nasional, dan peringatan hari lahir Pancasila

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutannya, Partinia Mabsus mengatakan Lomba cipta lagu pendek literas jingle literasi, yang pelaksanaannya terbuka untuk umum dan diikuti oleh 10 finalis. Dinilai melalu kalan Youtube Tim GLD, dan dua diantara peserta berasal dari Tangerang, Provinsi Jawa Barat, Lomba foto giat literasi lamban baca.

Pelaksanaannya diikuti oleh 264 foto dari seluruh pengelola lamban baca dan pengunjung tetap lamban baca se- Lampung Barat, Lomba majalah dinding tingkat SMP/ sederajat, diikuti oleh 19 sekolah se-Lambar

Lomba menggambar anak-anak pengunjung lamban baca usia SD se – Lambar, diikuti oleh 47. peserta 5. Lomba mewarnai tingkat TK se- Kecamatan Balik Bukit yang diikuti oleh 100 anak-anak

Pemilihan Duta Literasi, yang diikuti oleh usia SMA/sederajat Dengan 33 pendaftar dan terpilih 10 finalis duta literasi.

Apresiasi Literasi, merupakan penghargaan tertinggi kepada pihak yang telah berkontribusi terhadap kemajuan gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat.

“Harapan saya, gerakan literasi yang kita telah canangkan sejak tahun 2018 lalu berhasil dan literasi untuk kesejahteraan dapat terwujud,” katanya.

Di tahun 2021, Lambar telah meraih penghargaan tertinggi, Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang diterima oleh Bapak Bupati (kategori pejabat publik) dan Bunda Yusmalasi (kategori masyarakat), serta juara satu tingkat nasional perpustakaan desa, yang diterima oleh Perpustakaan Pekon Puramekar Kecamatan Gedung Surian

Sebelumnya pada tahun 2019, perpustakaan Pekon Padang Tambak, meraih terbaik ke-4 tingkat nasional.

Selanjutnya, Bupati Parosil Mabsus menyampaikan pada hari ini kita dapat bersama-sama hadir di salah satu taman yang menjadi kebanggaan daripada masyarakat Kabupaten Lampung Barat yaitu taman kota liwa, yang mungkin bisa melengkapi dari pada sarana yang menjadi kebanggaan daripada masyarakat Lambar.

“Parosil berharap agar kegiatan ini menjadi contoh yang bisa diturunkan di tingkat kecamatan hingga di tingkat pekon karena tadi saya sudah mendengar langsung laporan ketua GLB bahwa sudah banyak lambang-lambang baca yang hadir secara mandiri tetapi sebagai bentuk keprihatinan kepedulian keinginan dan juga tanggung jawab untuk menghadirkan generasi-generasi cerdas dan Gemilang,”ungkapnya. (R.I)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.