Proyek Pembangunan Jembatan Margototo Lamtim Diduga Rawan Kecurangan

Lampung Timur – Proyek pembangunan jembatan di Desa Margototo, kecamatan metro kibang, kabupaten Lampung timur diduga Rawan kecurangan dan tidak sesuai dimensi.

Pasalnya di lokasi proyek ditemukan beberapa dugaan kejanggalan konstruksi bangunan pilar (pier) beton yang carut marut dan terkesan asal jadi.

Bacaan Lainnya

Agus selaku konsultan pengawas perusahaan saat di konfirmasi di lokasi proyek mengatakan,
” Proyek jembatan ini jenisnya jembatan konvensional bentang 12 tipe balok T, pekerjaan sudah sekitar 3 bulan, yang kerja 12 orang,” ujar Agus.

Menurut Agus pekerjaan konstruksi jembatan itu sudah sesuai dengan spek RAB,
” Menurut saya ya itu sudah sesuai, dengan kekuatan beton fc 30, Besi yang di pakai juga sudah sesuai, progres pekerjaan sudah 60%,
Targetnya 10 desember selesai,” Ungkapnya.

Saat di jumpai di lokasi proyek, salah satu pekerja mengatakan,
” Kami ini kerja baru 2 minggu 2 hari, udah nerusin kerjaan orang, kalo pilar yang udah jadi bukan kerjaan kami, itu pekerjaan tukang yang sebelumnya, kami udah nerusin aja, sebenarnya kami cuma untuk pasang lantai aja,” ungkap SM kepada awak media pada, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut SM juga mengatakan,
” Ya memang beda mas pilar yang sedang di kerjakan ini dengan yang sudah jadi itu, kan yang sudah jadi itu bukan hasil kerja kami, ya pilar yang sudah jadi itu memang terlihat kurang rapih dan cor beton nya ngelontok.” Imbuhnya.

Pantauan di lokasi proyek terlihat dua pilar cor beton jembatan, yang satu masih proses pengerjaan dan satu lagi sudah jadi, tampak pilar beton (Girder) yang sudah jadi itu mengelupas dan bolong-bolong serta ada beberapa pelanggaran lain yang berpotensi merugikan keuangan negara.(Rmt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *