Proyek Rabat Beton di Pekon Muara Baru Diduga Kangkangi UU RI No 18 Tahun 2008

Lampung Barat,Telisiknews.id – Pengerjaan Proyek jalan rabat beton di Pekon (desa/red) Muara Baru Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat, tidak memasang papan informasi di lokasi pengerjaan sehingga, hingga dalam pantauan Telisiknews Rabu (7/9/3/22), masyarakat tidak mengetahui asal muasal, besaran dan sunber dana proyek tersebut.

Dugaanya, dengan tidak dipasangnya papan informasi di lokasi proyek, supaya pihak peroyek bebas melakukan aksinya dalam melakukan kecurangan.

Bacaan Lainnya

Sementara dalam aturan apapun bentuk pekerjaan proyek baik milik pemerintah maupun Swasta harus menunjukan transparansi kepada publik utamanya masyarakat setempat, agar diketahui asal usul dan sumber dananya dan itu yertuang dalam Undang-Undang no 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Menurut salah satu Tokoh Masyarakat setempat yang enggan di publikasikan namanya, “Kami kawatir adanya anggara terjadi tumpang tindi kelokasi seperti Anggaran Desa, yang dikelola pihak Desa itu sendiri, ada juga anggaran APBD Kabupaten Lampung Barat yang dilaksanakan melalui dinas terkait,” ucap warga.

Menurutnya, setiapa pekerjaan yang tidak jelas informasinya, sehingga pekerjaan itu diduga langkangi Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Apalagi acuan spesifikasi pelaksanaan pekerjaan sangat jelas, pekerjaan itu tidak sesuai dengan spek.

“Dengan tidak adanya plang nama proyek terpasang dilokasi membuat masyarakt sulit untuk mengawasi pekerjaan tersebut, yang bertujuan sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan penggunaan dan pengelolaan uang rakyat tersebut,” ujarnya.

Menanggpi hal itu Peratin (kades/red) Muara Baru Sanan mengkonfirmasikam hal itu, sang Peratin mengatakan, sumber proyek tersebut itu bukan dari Dana Desa (DD) melainkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lampung Barat. (rio)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.