Sidang Tipikor Dilakukan Secara Vidcon, Sahperi Terbukti Bersalah

Lampung Barat,Telisiknews.id – Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) pekon tahap I dan tahap II TA. 2019 di Pekon Pajar Agung Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Diketahui bahwa pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2022, sekira pukul 14.00 WIB bertempat di ruang sidang Utama/ Ruang Garuda Pengadilan Negeri (PN) kelas I Tanjung Karang telah dilaksanakan persidangan tindak pidana korupsi atas nama terdakwa Sahperi bin Hi. Alamin, dengan agenda pembacaan puntutan.

Bacaan Lainnya

 Bahwa berdasarkan hasil persidangan didapat informasi sebagai berikut.
Bahwa persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) An terdakwa. Sahperi Bin Hi. Alamin, Ketua Majelis Hendro Wicaksono SH., MH., dengan hakim Anggota :1.Edy Prbanus., SH., Ahmad Baharuddin Naim., SH MH.,
dan Panitera Pengganti Harini Budi Trisnawati., SH.

Bahwa persidangan Tipikor dengan terdakwa Sahperi Kejaksaan Negeri (Kejari) Lambar diwakili oleh Bambang Irawan , SH., MH. dan Yayan I,. SH., MH.

Bahwa dalam pelaksanaan persidangan dilakukan secara Vicon dan tetap mengikuti protocol Covid-19. Dimana majelis hakim dan penuntut umum berada di Pengadilan Tanjung Karang dan Terdakwa Berada di Rutan Klas IIb Krui.

Bahwa dalam Tuntutan Penuntut Umum pada intinya sebagai berikut,
Menyatakan terdakwa Sahperi terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi Pasal 3 jo pasal 18 ayat (1)  UU 31/1999 sebagimana telah diubah dg UU No 20/2001, tentang  pemberantasan TPK, sebagaimana tersebut dalam dakwaan subsidiair, Pidana Penjara : Selama 2 (dua) Tahun dan Pidana Denda sebesar : Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah) subsidiair 3 (tiga) bulan kurungan.

Membayar Uang Pengganti (UP) sebesar : Rp. 348.680.874.- dikurangi dengan uang sejumlah Rp.60.000.000,- yang telah dititipkan pada Bank Mandiri Rekening RPL 145 PDT Kejari Lambar untuk Tindak Pidana Nomor Rekening 114-00-2412307-0 sebagai pengembalian kerugian negara.

Sehingga, sisa UP yang harus dibayarkan sebesar Rp.288.680.874.-  Subsidiar Pidana Penjara selama 1 (satu) Tahun.

Menurut salah satu Jaksa Muda Zenerico SH., semua telah dipaparkan melalui siaran Pers Nomor : PR – 05/ L.8.14/ Kph.3/ 03/ 2022, bahwa persidangan Akan dilanjutkan pada hari Kamis tanggal 07 April 2022 Dengan Agenda Pembelaan dari Terdakwa;

Bahwa persidangan dihadiri oleh sebanyak 20 (dua puluh orang) pengunjung, diantaranya masyarakat dan para media/jurnalis.

“Proses persidangan berjalan lancar dan kondusif dengan dilakukan pengamanan secara tertutup oleh Tim Pengamanan Kejaksaan Kejari Lambar,” ujarnya.(tim).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.