Sulpakar Bersama Disdukcapil Mesuji Tinjau Pelayan Kependudukan Perekaman Pemula

Mesuji,Telisiknews.id – Bupati Mesuji Drs Sulpakar M.M bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Mesuji melakukan peninjauan pelayanan kependudukan perekaman pemula dan sosialisasi pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Tanjung Raya, Selasa (27/09/2022)

Pj Bupati Mesuji Drs Sulpakar M.M juga melakukan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), kepada siswa/siswi di SD Negeri 09 dan SD Negeri 21 secara langsung yang berpusat di Aula SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Bacaan Lainnya

Penyerahan KIA ini dihadiri oleh Pj Bupati Mesuji Drs. Sulpakar,M.M., Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Asisten Bidang Pemrekesra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Disdukcapil.

Kepala Dinas Disdukcapil Mursalin S.H.,M.H., menyampaikan laporan untuk perekaman pemula SMK Negeri 1 Tanjung Raya, sebanyak 96 untuk yang dicetak hari ini yang sudah mencapai umur 17 tahun dan perekaman sebanyak 87 yang usia 16 tahun 15 hari. Dan untuk Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 155 anak ,akta LD (luar daerah) 34 di SD Negeri 09 Tanjung Raya dan 147 anak ,akta LD (Luar Daerah) 40 .

“Harapan saya data kependudukan ini dilindungi pemakaiannya, dan digunakan dengan bijak karena sering terjadi penipuan dan akan disalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” ujar Mursalin.

Bupati Sulpakar menyampaikan dalam sambutannya tentunya, perekaman kependudukan ini suatu hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk semua generasi.

“Karena memang itu bagian sistem administrasi di Negara kita Indonesia, ini dilaksanakan guna mempercepat layanan kepada masyarakat, saya minta untuk Disdukcapil untuk melaksanakan sampai selesai perekaman e-KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak) di Kabupaten Mesuji,” tandasnya.

“Penduduk ini tentunya banyak hal baik untuk sekolah, bekerja, maupun untuk admistrasi perbankan dan lain-lain sebagainya sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi,” ungkapnya Sulpakar.

Sambungnya, ini termasuk progam jemput bola jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor dukcapil tapi pelayanan dari dukcapil datang mengunjungi masyarakat secara bersama-sama.

“Nah ini perlu keterlibatan semua pihak, oleh karenanya saya berharap progam ini terus ditingkatkan jadi bukan hanya hari ini saja tapi terus menerus dilakukan terutama sasaran kita adalah anak-anak sekolah,” kata dia.

Kemudian di teruskan dengan meninjau tempat perekaman data kependudukan pemula dan ditutup dengan mengunjungi kantor radio, disalah satu ruangan SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan mengisi sesi tanya jawab siaran radio 103,7 M.hz.
(Okta)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *