Tak Tanggap, Pasca Bencana Puting Beliung di Pardasuka, Satgas BPBD Hanya Datang dan Foto

Lampung Barat,Telisiknews.id – Pasca terjadinya musibah puting beliung di Pemangku (Dusun/red) Pardasuka Pekon (desa/red) Hanakau Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Sabtu (20/8/2022).

Warga setempat melakukan pembenahan, dan membersihkan puing – puing reruntuhan bangunan yang rusak disapu angin puting beliung tersebut.

Bacaan Lainnya

Salah seorang warga yang merukan korban musibah Mulyadi mengatakan, akibat musibah tersebut sedikitnya 8 rumah dan tiga gudang sayur rusak.

Menurutny, akibat musibah itu, kerugian material yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah.

“Untungnya saat kejadian tidak ada korban jiwa hanya saja kerugian akibat kerusakan tersebut mencapai puluhan juta rupiah,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Pemangku Pardasuka Makmur, Karsiaji mengatakan musibah tersebut merusak 4 rumah di Pardasuka Makmur dan 4 rumah di Pardasuka Induk.

Selain itu disaat cuaca ektreme seperti sekarang ini, warga diharapkan untuk selalu waspada karena bencana serupa bisasaja datang kapan saja.

Karsiaji juga mengharapkan kepada pihak pemerintah daerah, untuk lebih tanggap atas kejadian – kejadian musibah yang terjadi. Pasalnya, pasca kejadian pihak satga tanggap bencana dari (Badan Penanggulangan Bencana Daerah- (BPBD) Lambar hanya datang kelokasi melihat -lihat mengumpulkan data dan foto, sementara warga bergotong – royong melakukan pembenahan bahkan mengumpulkan dana secara suadaya saat melakukan pembersihan lokasi bencana dari puing – puing dan material yang rusak.

“Jika memang di Lambar ini ada Satgas Tanggap Bencana, tolong untuk lebih tanggap jangan hanya datang minta data foto, sudah itu pergi lagi, ini musibah bukan tontonan, ini aja kami melakukan pembenahan aja gotong royong dan mengumpulkan dana sendiri untuk melakukan pembenahan, mana pihak penanggulangan bencana kok sekam gak tanggap,” kata dia.

“Saya berharap, warga untuk selalu berhati – hati dan waspada terlebih pada cuaca ekstrem seperti ini, dan bagi warga yang tertimpa musiba diharapkan untuk terus bersabar,” tandasnya. (San)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.