Tasyakuran, Puluhan Guru PPPK Sumber Diberi Pembinaan

Probolinggo,Telisiknews.id – Sebagai ungkapan rasa syukur, Paguyuban Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Kecamatan Sumber mengadakan tasyakuran di J’Bing Café & Resto di Desa Tamansari Kecamatan Dringu, Sabtu (03/09/2022).

Kegiatan ini diawali dengan pembinaan dari Pengawas Sekolah Kecamatan Sumber dan Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim. Pembinaan ini diikuti oleh 55 orang PPPK guru baik SD maupun SMP.

Ketua Paguyuban PPPK Kecamatan Sumber Yudhi Yulianto menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keguyuban sehingga tidak ada jarak dan perbedaan antara SD dan SMP. Dengan demikian bisa selalu berkolaborasi dan bekerja sama sesuai dengan jargon seduluran sak lawase.

“Meskipun kita berbeda-beda tetapi kita tetap satu sudara. Satu dalam naungan ASN PPPK Kecamatan Sumber untuk menciptakan keguyuban dan tidak ada perbedaan antara SD maupun SMP. Tujuannya untuk menciptakan inovasi ke depannya, dalam artian inovasi pembelajaran,” katanya.

Yudhi menjelaskan PPPK guru ini perannya sebagai pengganti guru-guru yang sudah pensiun dan guru-guru yang sudah tua. Sebab tanpa yang muda-muda bergerak dan tersentuh, maka dunia pendidikan tidak akan maju. Dengan adanya PPPK yang muda-muda nanti tercipta suatu inovasi dan ide-ide untuk menciptakan suatu pembelajaran.

“Mengajar di daerah atas berbeda dengan tengah maupun bawah. Kalau di bawah murid tinggal diperintah, sudah jalan pembelajaran. Tapi kalau di atas, titik beratnya di sekolah. Karena kalau di rumah sudah banyak membantu di ladang. Jadi bagaimana kita memajukan pendidikan dengan inovasi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka,” terangnya.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim mengharapkan dengan kegiatan ini semua bisa mensyukuri apa yang sudah diterima, walaupun mereka ditempatkan di wilayah gunung dan melaksanakan tugasnya dengan ikhlas.

“Alhamdulillah mereka semangat sekali dalam melaksanakan kewajibannya serta terbina kekompakan sebagaimana semboyan mereka seduluran sak lawase serta salam pengabdian tanpa batas siap untuk memajukan pendidikan di Kecamatan Sumber,” ujarnya.

Sedangkan Pengawas Sekolah Kecamatan Sumber Asis menyambut baik kegiatan tasyakuran yang dilakukan oleh PPPK guru jenjang SD dan SMP di Kecamatan Sumber. Dengan tasyakuran ini sekarang tidak ada dikotomi diantara guru SD maupun SMP.

“Sudah tidak ada sekat dan perbedaan lagi diantara guru SD maupun SMP di Kecamatan Sumber. Guru SD dan SMP sudah bersatu. Hal ini merupakan modal utama untuk melayani pendidikan di Kecamatan Sumber lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Asis, kegiatan ini bisa sebagai media bagi Pengawas Sekolah untuk bisa memberikan semangat kepada guru-guru karena bekerja di medan yang luar biasa tantangannya.

“Kami memberikan arahan dan motivasi untuk bisa bekerja lebih semangat dan lebih baik lagi. Kami juga memberikan pembinaan yang lain misalnya di bidang manajemen keuangan supaya teman-teman guru itu betul-betul memanag gajinya dengan baik. Sebab jika gajinya tidak baik maka itu bisa berpengaruh kepada kinerjanya,” jelasnya.

Asis berpesan kepada PPPK guru agar melaksanakan tugas di Kecamatan Sumber ini dengan rasa cinta kepada anak-anak. Jika sudah memiliki rasa cita kepada murid maka ketika akan ijin untuk tidak masuk kecuali sakit maka akan berpikir ulang. Pasti akan kepikiran sehingga akan timbul semangat untuk masuk terus dan kinerjanya lebih baik.

“Harapannya pelayanan pendidikan di Kecamatan Sumber semakin baik. Kinerja teman-teman guru semakin baik sehingga prestasi akademik dan non akademik di Kecamatan Sumber bisa lebih baik lagi,” harapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.