Tingkatkan Kemampuan Personel, Polres Pesawaran Gelar Pelatihan Dalmas

Pesawaran, Telisiknews.id – Dalam rangka meningkatkan kemampuan personel melaksanakan tugas, Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran Polda Lampung menggelar Pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) di Lapangan Apel Mapolres Pesawaran, Jumat (30/09/22) Pukul 09.00 Wib.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pesawaran AKP Mulyadi didampingi Kepala Bagian Operasi (KBO), Sat Samapta Iptu Waris, Ps. Kaurmintu Aipda Kuswanto, dan Ps. Kasubnit I Bripka Beni Alfa Tirta.

Dalam kegiatan pelatihan Dalmas tersebut Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.Ik., M.Si (Han) menyampaikan, bahwa pelatihan Dalmas diadakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personel dalam melaksanakan tugas di Lapangan khususnya terkait pengendalian massa.

“Pelatihan dalmas ini sangat penting dilaksanakan agar anggota lebih terampil dan terlatih, bila kita tidak latihan apa yang sudah kita kuasai akan terlupakan, untuk itu laksanakan dengan penuh semangat karena keberhasilan latihan itu dari segi keseriusan dalam berlatih,” tutur Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengungkapkan, bahwa seorang anggota Polri diseluruh fungsi harus tetap mempunyai keahlian baik berkaitan dengan bidang fungsinya maupun penanganan unjuk rasa dan semua anggota, harus siap melaksanakan tugas termasuk kemampuan pribadi lainnya seperti beladiri dan menembak.

“Diharapkan nantinya semua anggota mempunyai kemampuan dan keterampilan sehingga, personel Polres Pesawaran kedepannya lebih siap dalam menghadapi segala ancaman yang lebih komplek,” lanjutnya.

Sementara itu Kasat Samapta Polres Pesawaran AKP Mulyadi menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam rangka memberikan pembekalan kemampuan kepada anggota sehingga nantinya memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah hukum Polres Pesawaran.

“Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya, di Lapangan dan untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi berbagai gangguan Kamtibmas lainnya,” jelas Kasat Samapta.

Diketahui, dalam pelatihan yang diikuti sebanyak 1 Setingkat Peleton pengendalian massa tersebut terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan seperti tindakan Preventif dengan menurunkan tim Negosiator hingga menggunakan peralatan Dalmas untuk pemecah massa.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *