UKW Mandiri di Tubaba Berakhir  17 dari 20 Peserta Dinyatakan Kompenten

Tubaba,Telisiknews.id – Uji Kompentensi Wartawan (UKW) mandiri Solopos bekeja sama dengan KWRI Tubaba yang di ikuti Sebanyak 20 Jurnalis telah selesai hari ini dan ditutup oleh Kadispora Mansur YS. Dari 20 jurnalis yang mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) Solopos Institute selama dua hari di Griya Asri Home Stay Tirta Makmur Tulangbawang Tengah,Tubaba, Senin-Selasa (4-5/7/2022),dari dua (2) Kabupaten yaitu Tubaba dan Mesuji ini,17 yang dinyatakan lulus dan berkompeten.

Tiga (3) lainnya belum berkompeten, karena tidak lulus mengikuti mata uji.
Ke-17 jurnalis dinyatakan kompeten setelah mengikuti UKW dengan menyelesaikan 11 mata uji meliputi wawasan jurnalisme, kode etik, teknik menulis dan menyunting berita, rapat dan kebijakan redaksi, serta membangun jejaring.
Selasa ?5/7/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Mansur YS mengucapkan trimakasih dan memberi apresiasi kepada seluruh peserta UKW yang telah bersemangat mengikuti UKW ini untuk meningkatkan kompentesi wartawan.

“Kami dari kepemerintahan sangat mengapresiasi teman-teman untuk meningkatkan kompentesi,soal berhasil atau tidak,dalam UKW ini paling tidak kawan kawan sudah berusaha menguji nyali untuk meningkatkan kompentensi jurnalis,inilah yang membuat saya bangga,”ungkap Mansur YS.

Ketua kelompok penguji,Abu Nasib, mengatakan pihaknya akan gencar melakukan UKW di masa mendatang dengan wilayah jangkauan di seluruh wilayah di Indonesia,Dia sangat salut dengan seluruh peserta UKW mandiri di Tubaba,walaupun masih banyak kekurangan,namun para peserta sangat bersemangat dan menggebu gebu untuk belajar dan memperbaiki kesalahan.

“Kami sangat bangga dengan para peserta UKW di Tubaba ini,walaupun masih banyak kekurangan,namun semangat mereka untuk belajar sangat luarbiasa,itulah yang membuat kami para tim penguji,bersemangat juga karna wartawan seperti inilah yang kami cari.
Ada belasan lembaga penguji yang di tunjuk oleh Dewan Pers,salah satunya adalah kami dari Solopos.Dewan Pers juga meminta kami untuk mengadakan UKW-UKW lagi untuk memastikan wartawan yang di lapangan masuk standar kompetensi. Jadi setelah ini akan ada banyak UKW,” ujar salah satu penguji ini dari Solopos Pak Abu Nasib.

Wartawan Tampabatas.com,Mukaddam yang mengikuti jenjang Madia,sekaligus sebagai ketua SMSI Tubaba, dia mengaku mendapat banyak pengetahuan selama mengikuti UKW, terutama yang berkaitan dengan kasus hukum dan kode etik.

“Kami benar benar banyak pengalaman di dalam melaksanakan UKW mandiri Solopos ini,siap menjalankan amanat sebagai wartawan yang berkompeten,dan pesan saya buat kawan kawan yang belum kompenten,jangan berkecil hati,harus semangat,karna saya juga pernah mengalami tidak lulus UKW,” kata Mukaddam.

Mirhan,ketua KWRI Tubaba mengucapkan terima kasi kepada tim penguji dari PT.Aksara Solopos,”Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim penguji dari Solopos yang telah melaksanakan Uju Kompentensi Wartawan (UKW)mandiri di Tubaba,yang telah melaksanakan tugas nya dan hampir 89% peserta mendapat predikat kompenten,”ungkap Mirhan.

UKW pertama Solopos Institute pada tahun 2022 di Tubaba ini diuji oleh, Ichwan Prasetyo menguji jenjang Madya, tingkat muda Abu Nadzib, Bambang Aris S, Yonantha Candra.
Mereka di dampingi oleh dua (2) admin yaitu Pak Wagiman dan Pak Widodo.

Jurnalis terbaik di masing-masing kelompok adalah Reki Sanjaya (madya/Ragamnews.co.id).
Fathul Maghoribi Efendi (Muda/LampungTelevisi.com).
Gusar Prasta Yoga (Muda/Korel.co.id).
Budiman (Newskabarindonesia.com).
(Reza).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.