Vaksinasi Hewan Ternak, Polsek Lambu Kibang Terjunkan Bhabinkamtibmas Bersama Vaksinator

Tulang Bawang Barat, Telisiknews.id — Jajaran kepolisian terus bergerak dan bersinergi membantu Pemerintah dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, tak terkecuali Polsek Lambu Kibang Polres Tulang Bawang Barat.

Bersinergi bersama Dinas Pertanian dan stakeholder terkait, Kepolisian Sektor Lambu Kibang melakukan pendampingan vaksinasi hewan ternak di tiyuh Pagar Buana Kecamatan Way Kenanga, pada Jum’at (14/10/2022).

Bacaan Lainnya

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P. Silalahi, S.I.K, M.M yang diwakili oleh Kapolsek Lambu Kibang IPTU Ferry Yuliansyah, S.Sos, M.M., menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya tersebut sebagai upaya dalam rangka melakukan pencegahan terhadap wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang saat ini telah menyerang sejumlah hewan ternak sapi maupun kambing di berbagai daerah, khususnya di Kecamatan Way Kenanga dan  Lambu Kibang.

Kegiatan kali ini kita ikut mendampingi tim vaksinasi PMK dari Dinas Pertanian bersama PPL. Hal ini kita lakukan sebagai cara untuk mengantisipasi dan mencegah agar hewan ternak milik warga tidak terpapar dan tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), khususnya di wilayah ditiyuh Pagar Buana Kecamatan Way Kenanga ini yang masih menjadi zona hijau atau belum ada yang terpapar PMK,“ ucapnya.

Dijelaskan IPTU Ferry bahwa pihaknya menerjunkan sejumlah Bhabinkamtibmas, dan juga dibantu oleh perangkat desa setempat untuk menunjukkan sasaran tempat vaksinasi.

IPTU Ferry menuturkan bahwa petugas gabungan ini mendatangi kandang peternak sapi milik warga setempat. Disana petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak dilanjutkan dengan vaksinasi disaksikan oleh pemilik dan tiga pilar setempat.

Tenaga vaksinator merupakan petugas dari Dinas Pertanian. “Tugas utama dari kepolisian adalah melakukan pengamanan dan memastikan seluruh proses vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar.” Imbuhnya.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Semoga dengan berbagai upaya yang kita laksanakan ini, penyebaran PMK di Kec Teriak bisa terus menurun dan wabah ini hilang di lingkungan peternak Kecamatan Way kenanga dan Kec Lambu Kibang ,” tambahnya.(hms).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *