Wabub Lambar Beri Penghargaan Terhadap PNS Teladan, Ini Lantaranya

Lampung Barat, Telisiknews.id – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin memberikan penghargaan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS), teladan di lingkup Pemkab Lampung Barat usai melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korpri, HUT ke-58 Hari Kesehatan Nasional (HKN), HUT ke-77 PGRI serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2022 yang berlangsung di halaman kantor bupati Lampung Barat, Selasa (29/11/2022).

Penghargaan itu berupa piagam, diserahkan langsung oleh Wabup Mad Hasnurin kepada PNS teladan terbaik I kategori Administrator diberikan kepada Indrayani, M.Pd., dari dinas Kominfo. Kemudian terbaik II diberikan kepada Endang Guntoro, SH., MM, dari dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya terbaik I kategori pengawas/fungsional diberikan kepada Rusydi Muhammad, ST., MT., dari dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terbaik II diberikan kepada Rudi Agus Hermawan, S.Si., dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Terakhir, terbaik I kategori pelaksana diberikan kepada Apriyadi, A.Md., dari dinas penanaman modal dan PTSP.

Kemudian penghargaan piagam Satya Lencana Karya Satya diberikan kepada Ahmad Syukri, S.Pd., dengan masa kerja 30 tahun, Despaniar SE., MM., masa kerja 20 tahun dan A. Pazdeni, SH.I., masa kerja 19 tahun.

Selanjutnya surat penghargaan kenaikan pangkat diberikan Wabup Mad Hasnurin kepada Dwi Meliastuti, S.Kep., M.Ph., golongan IV, Maryulis Akbar, SH.I., golongan III, dan Dona Persada golongan II.

Bertindak selaku inspektur upacara, atas nama Pemkab Lampung Barat, Wabup MadHasnurin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korpri, Hari Kesehatan Nasional ke-58, HUT PGRI ke-77 serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2022.

“Saya ucapkan selamat memperingati hari jadi Korpri yang ke-51 disertai ucapan terimakasih atas pengabdian saudara-saudara semuanya kepada masyarakat dan Pemkab Lampung Barat,” ujar Mad Hasnurin yang disaksikan langsung para peserta upacara dari unsur Forkopimda dan perangkat daerah Lampung Barat.

Wabup Mad Hasnurin menjelaskan, sejak didirikannya pada tanggal 29 november 1971, Korpri telah menunjukkan peran dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai organisasi yang mewadahi para Aparatur Sipil Negara (ASN), Korpri telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang.

Sejalan dengan berlakunya undang-undang ASN, Wabup Mad Hasnurin menyatakan Korpri harus siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengembangkan kesejahteraan anggota.

Selanjutnya sesuai dengan tema HUT ke-51 Korpri, tahun 2022 ini, yaitu “Korpri melayani, berkontribusi, dan berinovasi untuk negeri”, Mad Hasnurin mengimbau agar seluruh anggota Korpri dapat bersatu padu untuk menjalankan fungsinya dengan baik sesuai kapasitasnya selaku anggota Korpri sebagai Abdi Negara dan Abdi Bangsa.

“Lakukan terus pelayanan dengan baik, memberikan kontribusi pada bangsa dan negara dan dapat memberikan inovasi demi kemajuan negara Republik Indonesia yang kita cintai,” ujarnya.

Kemudian mengenai peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke-77, Mad Hasnurin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Wabup Mad Hadnurin mengatakan, PGRI sebagai organisasi profesi telah tumbuh menjadi kekuatan moral intelektual para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan peningkatan harkat martabat anggotanya. Sehingga kini, PGRI harus lebih mengedepankan sikap terbuka/inklusif, unitaristik, dan non partisan.

“PGRI harus menjaga kemitraan yang strategis dan konstuktif dengan pemerintah, dan pemerintah daerah menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional,” katanya.

“Zaman telah berubah, pengurus dan anggota PGRI harus adaptif merespon segala perubahan dengan saling belajar dan berbagi, guru bangkit, pulihkan pendidikan, indonesia kuat, indonesia maju,” tambahnya.

Selanjutnya pada kesempatan itu, Wabup Mad Hasnurin juga mengatakan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-58 tahun 2022 ini, tema yang diangkat adalah “ Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku“.

Menurut Mas Hasnurin, tema tersebut dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi covid-19, sehingga masyarakat indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar indonesia kembali bangkit dan sehat.

“Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. Sejak bulan Oktober, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus covid-19,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi covid-19 dengan booster,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Mad Hasnurin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia, perjuangan kita masih panjang.

Ia pun berharap, semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, kemudian terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi dll. Selanjutnya untuk terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan tebaik kepada masyarakat.

Kemudian dalam kesempatan itu, Mad Hasnurin mengucapkan selamat hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2022 dengan tema “potensi plasma nutfah puspa dan satwa Indonesia bagi pembangunan ekonomi nasional”.

Menurut Mad Hasnurin, tema itu diangkat bertujuan untuk meningkatkan perlunya perlindungan plasma puspa dan satwa indonesia sebagai aset dasar negara bagi pembangunan ekonomi nasional demi terwujudnya pembangunan bekelanjutan.

Selaras dengan hari cinta puspa dan satwa nasional tahun 2022, dipilihlah gaharu dan banteng jawa sebagai maskot puspa dan satwa nasional tahun 2022, kedua spesies ini memiliki peran dan fungsi ekologis yang cukup tinggi di alam, serta mempunyai nilai ekonomis yang potensi untuk dikembangkan

Diketahui, Gaharu merupakan produk yang umumnya dihasilkan dari tegakan jenis aqualaria dan telah lama dikenal di asia dan timur tengah. Jenis aqualaria filaria memiliki potensi dalam peningkatan nilai ekonomi masyarakat lokal serta memiliki nilai ekspor tinggi.

Sedangkan banteng merupakan satwa endemik, memiliki arti penting dan kedekatan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Banteng menjadi salah satu simbol ideologi bangsa, “pancasila“ sila ke-4, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permuswaratan pewakilan.

Sebab, sifat dasar banteng yang lebih suka bergerombol, bersama-sama dengan kawanannya dapat dimaknai sebagai sifat yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan.

“Selamat memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2022. bangunlah kesdaran untuk membentuk kecintaan terhadap, puspa dan satwa agar keanekaragaman hayati tetap lestari,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *