Wakil Bupati OKU Selatan Hadiri Kegiatan Memperingati Hari Gerakan Nasional Aksi Bergizi Ke-58

Oku Selatan,Telisiknews.idPemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Melalui Dinas Kesehatan menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Rabu (26/10/2022)

Gerakan Nasional Aksi Bergizi tersebut yang di gelar dilapangan Pemkab OKU Selatan yang di ikuti oleh 4 ( Empat ) sekolah SMP/MTS, SMA/MA dengan jumlah siswa 700 orang di awali dengan Senam Sehat dan pemberian Tablet tambah darah untuk para siswi yang mengikuti.

Bacaan Lainnya

Wakil bupati dalam sambutannya dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional ke-58 Kementerian Kesehatan mengadakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi melalui kampanye aksi bergizi, dan melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah, khususnya remaja putri sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini.

Adapun harapan yang disampaikan Wabub dalam kegiatan ini haruslah dilaksanakan secara rutin, di sekolah dengan hari yang disepakati bersama, oleh sekolah sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemiapada remaja putri sehingga mendukung pencegahan Stunting secara nasional.

“Mari kita bersinergi bersama untuk Sosialisasikan kegiatan gerakan Aksi Bergizi tersebut kepada Siswa dan siswi yang ada di OKU Selatan, dalam mendukung program-program Pemerintah Daerah dalam Pencegahan Stunting di Kabupaten OKU Selatan, untuk OKU Selatan yang bersinar dan Jaya,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Selatan Zulfahmi, SKM. M.M. dalam laporannya sampaikan juga Gerakan Nasional Aksi Bergizi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dalam rangka memperingati hari Kesehatan Nasional ke-58.

Selanjutnya Sekdin juga jelaskan terkait Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa anemia pada anak usia 5-14 tahun tercatat sebesar 26.8% dan usia 15-24 tahun sebesar 32 %. Hal ini berarti sekitar 3 dari 10 anak Indonesia menderita anemia.

Pelaksanaan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi bertujuan Meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya Tablet tambah darah, olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang ( Aksi Bergizi ), meningkatkan Komitmen Sekolah untuk melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin, meningkatkan kolaborasi lintas sektor pusat dan daerah terkait dalam rangka penyelenggaraan Aksi Bergizi di Sekolah.

Sasaran di Kabupaten OKU Selatan dalam Aksi Bergizi meliputi, siswi SMP/MTS, SMA/MA, SKM Pesantren sederajat dengan jumlah sasaran di Kabupaten OKU Selatan 112 Sekolah dengan jumlah siswi 8.229 orang.

Bertempat di Lapangan Pemkab OKU Selatan dan turut serta di dihadiri, Wakil Bupati OKU Selatan, FKPD, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kakan Menag, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua Dharma Wanita, Kadishub, Kadisdik, Kadispora, Kadin PPKB PPPA, Kadin Kominfo, Kadinkes, Kadin SatPol PP, Direktur RSUD, Kabag UP, Kabag Prokopim, Ketua MKKS OKUS, Kepala Sekolah SMA N 1 Muaradua, MAN 1 OKU Selatan, SMP N 1 Muaradua, MTS Negeri 1 OKU Selatan.(Hendri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *